Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Berbuah Serba rasa besar

Gambar Serba rasa besar Pohon Berbuah Serba rasa besar

Taksonomi

Srikaya (bahasa: Annona squamosa), adalah tanaman yang tergolong ke dalam genus Annona yang berasal dari daerah tropis. Nama lain tanaman ini adalah serba rasa besar. 

Sumber: wikipedia.org 

 

 

Deskripsi

Daunnya tipis, sederhana, hijau pucat, muncul secara tunggal, panjangnya 5-17 cm dan lebar 2-6 cm. Tangkai daunnya panjangnya 0,4 cm sampai 2,2 cm, dan jarang puber.

Bunga srikaya muncul berkelompok atau bisa juga tunggal, tangkai bunga memiliki panjang 2-3 cm, panjang bunganya sekitar 3 cm dan berwarna kuning.

Berbunga tumbuh pada awal musim panas dan bunga diserbuki oleh kumbang.

Buah srikaya bundar atau berbentuk hati, berwarna kuning kehijauan ketika matang, panjangnya 5-10 cm dengan banyak tonjolan bundar dan sering diselimuti dengan bubuk putih.

Pohon srikaya umumnya tumbuh hanya sebagai semak atau pohon kecil, tapi di alam liar ia bisa mencapai ketinggian 6-8 meter. Cabang-cabangnya banyak, berwarna kehitaman, dan dedaunannya agak gundul saat pohon tumbuh menjadi dewasa.

Sumber: ciriciripohon.com

 

 

Penyebaran

Pohon srikaya banyak dibudidayakan di seluruh daerah tropis dan subtropis untuk dipanen buahnya yang manis dan lezat. Pohonnya tersebar hampir diseluruh Asia Tenggara termasuk Indonesia, Thailand, Taiwan, dan dinaturalisasi di Florida, Brazil, juga Bangladesh.

Sumber: ciriciripohon.com