Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Berbuah Sawo

Gambar Sawo Pohon Berbuah Sawo

Taksonomi

Di setiap negara, penyebutan pohon sawo memiliki macam-macam nama, diantaranya Mispel di Kepulauan Virgin dan Karibia, Zapote di Honduras dan Panama, Níspero di Republik Dominika, El Salvador, Kosta Rika, Kuba, Guyana, Puerto Rico, Nikaragua, Kolombia dan Venezuela, Sapoti di Brasil dan Haiti, dan Chicosapote atau Chicozapote di Guatemala, Meksiko, Hawaii, juga Florida.

Sedangkan di Asia, nama-nama sinonimnya ialah Chico di Filipina, Chikoo di India dan Pakistan, Sapathilla di Sri Lanka, Sobeda di Bangladesh, Sabudheli di Maladewa, Hong xiêm di Vietnam, Lamoot di Thailand, Laos, dan Kamboja

Sumber: ciriciripohon.com

 

Deskripsi

Daunnya berwarna hijau mengkilap, berbentuk bulat panjang hingga bulat telur, dan panjang antara 7-15 cm.

Bunga sawo berwarna putih dan mirip lonceng, dengan enam mahkota berlubang.

Buah sawo yang masih muda memiliki kulit berwarna hijau yang kencang dan ketika dipetik, bergetah putih yang keluar dari tangkai buah. Sedangkan buah sawo yang matang memiliki kulit agak kendor dan tidak mengeluarkan getah saat dipetik.

Buahnya sendiri berdiameter 4-8 cm, daging buahnya berwarna kuning pucat hingga cokelat muda dengan tekstur agak kasar. Setiap buah mengandung satu hingga enam biji. Bijinya berwarna hitam mengkilap, keras, dan menyerupai kacang.

Pohon sawo dapat tumbuh hingga ketinggian lebih dari 30 meter dengan diameter batang rata-rata 1,5 meter. Akan tetapi, ketinggian rata-rata spesimen yang dibudidayakan biasanya setinggi 10-15 meter dan diameter batang tidak melebihi 50 cm. Pohon sawo juga tahan pada angin kencang dan memiliki getah putih susu jika batangnya dilukai.

Pohon sawo banyak ditanam di daerah dataran rendah, meski ia sebenarnya dapat tumbuh dengan baik hingga ketinggian sekitar 2.500 m dpl. Pohonnya tahan terhadap kekeringan, salinitas yang tinggi, dan tiupan angin kencang. Tanah yang paling cocok untuk menanam atau membudidayakan pohon adalah tanah lempung berpasir yang subur dan berdrainase baik.

Sumber: ciriciripohon.com

 

Penyebaran

Sawo (Manilkara zapota) adalah spesies tanaman berbuah yang berumur panjang, berasal dari Meksiko selatan, Amerika Tengah dan Karibia. Saat ini pohon sawo ditanam dan dibudidayakan dalam skala besar di Meksiko, India, Pakistan, Bangladesh, Vietnam, Thailand, Kamboja, Malaysia, dan Indonesia. 

Sumber: ciriciripohon.com