Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Berbuah Salak

Gambar Salak Pohon Berbuah Salak

Taksonomi

Salak adalah sejenis plama dengan buah yang biasa dimakan. Ia dikenal juga sebagai sala (Minangkabau, Makassar, Bugis dan Thai). Dalam bahasa Inggris disebut salak atau snake fruit, sementara nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca. Buah ini disebut snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular. 

Sumber: wikipedia.org

Pengelompokan dan klasifikasi dari tanaman salak secara ilmiah adalah Famili araceae, genus salacca, spesies salacca zalacca. 

Sumber: agrotek.id

 

Deskripsi

Pada tanaman salak, akarnya merupakan akar serabut yang menancap secara kuat untuk menopang tanaman serta untuk mencari nutrisi dari tanah.

Akar tanaman ini juga membentuk rimpang yang mempunyai ukuran 15 cm. Bila dijelaskan lebih lanjut, rimpang atau seringkali disebut rhizoma merupakan batang tanaman yang termodifikasi dengan tumbuh secara menjalar di bawah tanah. Rimpang ini mampu menghasilkan akar baru yang berasal dari ruas-ruasnya.

Setelah mengetahui jika tanaman salak memiliki rimpang, pada bagian inilah tumbuh daun yang memiliki bentuk majemuk serta menyirip.

Daun tanaman salak termasuk daun yang sangat panjang dengan ukuran sekitar 7 meter. Pada bagian tangkainya, terdapat banyak duri yang berukuran berbeda-beda dan berwarna hijau ataupun kehitaman.

Bunga tanaman salak dapat ditemukan di ketiak daun. Terdapat dua rumah pada tanaman salak yaitu jantan dan betina yang terletak di bagian tongkol.

Pada bunga jantan, panjangnya sekitar 100 cm, dengan jumlah bulir mencapai 12 buah dengan panjang masing-masing bulirnya sekitar 10-15 cm.

Sedangkan, pada bunga betina, panjangnya sekitar 10-30 cm dengan jumlah bulir hanya mencapai 3 buah berukuran sekitar 10 cm.

Salah satu bagian yang paling banyak digemari dan dicari-cari oleh banyak orang dari tanaman salak tentu saja ada pada buahnya.

Buah tanaman salak memiliki kulit berwarna coklar, bersisik, berbentuk seperti segitiga dengan ujung runcing dan pangkal yang membulat.

Pada kulitnya ini terdapat duri-duri halus. Saat mengupas bagian kulit ini, akan ada daging buah salak dengan jumlah berbeda-beda pada setiap buahnya, namun, rata-rata ada 2-3 buah.

Setiap ukuran dari buah-buah ini juga tidak sama, ada yang kecil dan ada yang cukup besar. Kemudian, biji dapat ditemukan di bagian dalam buah dengan warna kecoklatan.

Buah salak memang sangat terkenal sebagai buah yang digunakan sebagai camilan, akan tetapi sebenarnya buah ini juga memiliki banyak khasiat.

Sumber: wikipedia.org

 

 

Penyebaran

Salak ditemukan tumbuh liar di alam di Jawa bagian barat daya dan Sumatera bagian selatan. Akan tetapi asal usul salak yang pasti belum diketahui. Salak dibudidayakan di Thailand, Malaysia dan Indonesia, ke timur sampai Maluku. Salak juga telah diperkenalkan ke FIlipina, Papua Nugini, Queensland (Australia) dan Kepulauan FIji. 

Sumber: wikipedia.org