Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Berbuah Nangka

Gambar Nangka Pohon Berbuah Nangka

Taksonomi

Nangka adalah nama sejenis pohon sekaligus buahnya. Pohon nangka termasuk ke dalam suku Moraceae; nama ilmiahnya adalah Artocarpus heterophyllus. Dalam bahasa Inggris, nangka dikenal sebagai jackfruit.

Sumber: wikipedia.org

 

 

Deskripsi

Umumnya, pohon nangka berukuran sedang, sampai sekitar 20 meter hingga 30 meter. Batang bulat silindris berdiameter sekitar 1 meter. Seluruh batang nangka dapat mengeluarkan getah putih pekat apabila dilukai.

Daun tunggal, tersebar, bertangkai 1–4 cm, helai daun agak tebal seperti kulit.Daun bisa panjang sampai 8 cm, mudah rontok dan meninggalkan bekas serupa cincin.

Bunga nangka tumbuh di ketiak daun yang tumbuh pada sisi batang atau cabang yang tua. 

Buah nangka memanjang tidak rata dan ukuran besarnya, panjang hingga 1 meter, bagian luarnya mempunyai duri pendek dan lunak.. Daging buah kuning keemasan saat masak, manis dan berbau harum, legit. 

Bijinya bulat lonjong  sampai pipih, panjang 2 hingga 4 cm. 

Sumber: wikipedia.org

 

Penyebaran

Nangka diyakini berasal dari India, yakni wilayah Ghats bagian barat, di mana jenis-jenis liarnya masih didapati tumbuh tersebar di hutan hujan di sana. Kini nangka telah menyebar luas di berbagai daerah tropik, terutama di Asia Tenggara. 

Nangka tumbuh subur di daerah tidak berikilim dingin di daerah berhawa kering dan adanya genangan air. 

Varietas nangka banyak jenisnya tapi dibedakan atas dua kelompok yaitu nangka bubur dan nangka salak. Nangka bubur berdaging buah tipis, berdaging, berserat lunak dan berbubur. rasanya asam manis, dan barbau tajam. Nangka  salak berdaging buah tebal, keras, mengeripik, ,rasa manis agak pahit dan tidak terlalu harum.  

Nangka juga dapat dikawin silang dengan buah cempedak sehingga dinamakan nangka cempedak.

Sumber: wikipedia.org