Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Berbuah Jeruk Nipis

Gambar Jeruk Nipis Pohon Berbuah Jeruk Nipis

Taksonomi

Jeruk nipis atau key lime (Inggris) (Citrus × aurantiifolia)  adalah tanaman turunan citrus (C. hystrix x C. medica) asli dari wilyah tropis Asia Tenggara. Tanaman ini memiliki buah yang lonjong berdiameter 25-50 mm (1-2 inchi). Jeruk nipis ini biasanya dipetik saat masih hijau tetapi berwarna kuning saat telah ranum. 

Buah jeruk nipis ini lebih kecil, berbiji, memiliki keasaman yang tinggi, aroma yang kuat, dan kulitnya lebih tipis daripada jeruk Persia (Citrus × latifolia). Buah ini dinilai dari sifatnya yang asam tersebut. Nama buah ini berasal dari rekan buahnya yang berada di Florida Keys dimana lebih dikenal sebagai bumbu yang berasa dlam makanan kue jeruk nipis (key lime pie). Buah ini juga dikenal sebagai jeruk India Barat (West Indian lime), jeruk bartender (bartender's lime), atau jeruk Oman (Omani lime) atau jeruk Mexico (Mexican lime), jeruk mexico digolongkan sebagai ras yang berbeda dengan kulit jeruk yang lebih tebal dan warna hijau yang lebih gelap. Di Filipina, varietas buah ini mempunyai beragam nama termasuk nama dayap atau bilolo.  

Sumber: wikipedia.org

 

 

Deskripsi

Pohon jeruk nipis memiliki batang yang bulat dengan tekstur yang halus. Bentuknya tegak ke atas, tetapi bengkok pada bagian ujung atasnya. Batang pohon yang satu ini dapat tumbuh mencapai 15 meter. Paling pendek, pohon ini tumbuh hanya 5 meter. 

Batang pohon ini juga memiliki cabang dengan sifat monopodial. Artinya, cabang dari batang ini akan terlihat lebih pendek dibandingkan batang utamanya yang terlihat lebih panjang dan besar. 

Pohon jeruk nipis memiliki daun yang terdiri atas 3 bagian, yaitu tangkai anak daun, tangkai daun, dan helai daun. Helain daun jeruk nipis berbentuk oval dengan ujung daun yang tumpul serta pangkal daun yang berbentuk bulat. 

Sedangkan bagian tepi helai daunnya agak beringgit. Seluruh bagian daun jeruk nipis bisa mencapai ukuran maksimal 9 cm, sedangkan ukuran minimalnya sekitar 2 cm. Lebarnya bisa mencapai 2,5 cm. 

Daun ini berwarna hijau mengkilap pada permukaannya dan hijau muda pada bagian bawah. Teksturnya seperti kertas dengan tulang daun yang menyirip.

Seperti bunga pada umumnya, bunga pada pohon jeruk nipis memiliki mahkota, benang sari, serta putik. Bunga jeruk nipis dikelompokkan dalam bunga majemuk. Kelompok ini adalah kelompok bunga yang tersusun dalam malai yang biasanya akan muncul lewat ketiak daun. 

Ciri pertama dari bunga jeruk nipis bisa anda lihat dari putik bunganya. Tangkai putik bunga jeruk nipis berbentuk silindris. Mahkota bunganya berbentuk lanset. Secara keseluruhan, bunga jeruk nipis berbentuk mangkuk. 

Bunga pada buah yang satu ini masuk dalam kelompok hermaprodit yang berarti putik dan benang sari ada dalam satu tubuh. Bunga ini mengeluarkan aroma yang sangat wangi, harum, dan manis sehingga sering mengundang perhatian lebah. 

Kebanyakan dari anda pasti sudah mengetahui bentuk buah jeruk nipis. Jenis jeruk yang satu ini memiliki bentuk yang bulat dengan ukuran yang kecil. Jeruk nipis umumnya berwarna hijau dan agak kekuningan. 

Kulit luar jeruk nipis memiliki tekstur yang kaku dan licin. Secara keseluruhan, kulit jeruk nipis sangat tipis dan terdiri dari banyak jaringan bunga karang. Bagian dalam kulit jeruk nipis sangat banyak sekat. 

Pada bagian daginnya, ada bulir kecil dalam jumlah yang banyak dan berwarna kuning. Bulir tersebut mengandung banyak air. Pada setiap daging buah jeruk nipis, terdapat biji yang berukuran kecil. 

Biji buah jeruk nipis berbentuk oval dengan berbagai lapisan, biasanya terdiri dari lapisan luar dan lapisan dalam. Biji ini bisa digunakan sebagai bibit pohon jeruk yang baru. 

Sumber: ciriciripohon.com

 

Penyebaran

Citrus aurantiifolia adalah tanaman asli berasal dari Asia Tenggara. Lalu diperkenalkan ke wilayah Timur Tengah hingga Afrika Utara, kemudian Sisilia, dan Andalusia, dan lewat penjelajah Spanyol hingga ke India Barat termasuk Florida Keys. Henry Perrine adalah orang yang memperkenalkan buah ini ke Florida. Dari wilayah Caribbean, penanaman jeruk nipis menyebar ke wilayah tropis dan subtropis Amerika Utara termasuk, Mexico, Florida dan kemudian California.

Sejak adanya Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara, jeruk nipis di pasar Amerika Serikat  berasal dari Mexico, Central America, dan Amerika Selatan.. Tanaman jeruk nipis ini juga tumbuh di Texas, Florida dan California. 

Sumber: wikipedia.org