Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Berbuah Jeruk keringkit

Gambar Jeruk keringkit Pohon Berbuah Jeruk keringkit

Taksonomi

Klasifikasi tanaman ini adalah famili rutaceae, genus citrus dan spesies citrus reticulata. Nama lain tanaman ini adalah jeruk keprok.

Sumber: wikipedia.org

 

Deskripsi

Meski berbeda-beda, semua jenis memiliki akar dengan bentuk yang hampir mirip. Hampir semua jenis pohon jeruk memiliki akar dengan sistem tunggang yang sangat kokoh. 

Akar ini terdiri atas satu akar utama yang memiliki serabut kecil yang berfungsi untuk mengambil nutrisi dari tanah. Akar yang dimiliki pohon jeruk berbentuk silindris dengan bagian ujung yang bulat. Ujung akar ini akan terus membelah diri sehingga cabang akar akan semakin banyak dan memanjang. 

Ada tudung akar yang menutupi setiap ujung akar. Tudung akar tersebut berlendir yang berfungsi untuk melindungi ujung akar agar tetap aman saat akan menembus tanah. Akar pohon jeruk memiliki kemampuan menembus tanah yang sangat menakjubkan. 

Daun jeruk memiliki aroma yang khas dan sering dijadikan bumbu masakan. Jika anda meremasnya, anda akan mencium aroma yang wangi. Salah satu jenis daun jeruk yang paling sering digunakan sebagai bahan masakan adalah daun jeruk purut. 

Sebagian besar daun jeruk memiliki bentuk yang bulat seperti telur. Daun jeruk yang sehat bisa tumbuh hingga 15 cm dengan lebar 8 cm. Paling kecil, panjang daun jeruk adalah 5 cm dengan lebar 2 cm. Kebanyakan daun jeruk memiliki tulang yang menyirip, tetapi ada juga daun jeruk dengan tulang tidak beraturan. 

Daun jeruk merupakan daun majemuk yang memiliki dua lembar daun dalam satu batang, yaitu daun yang besar dan kecil. Daun yang lebih kecil berada di sekitar tangkai daun. 

Daun jeruk lumayan tebal dengan permukaan atas yang berwarna hijau mengkilap, sedangkan permukaan bawahnya berwarna hijau muda dan agak buram. 

Pohon jeruk memiliki bunga yang majemuk, bunga yang memiliki dua kelamin sekaligus, yaitu jantan dan betina. Dalam satu badan bunga, terdapat benang sari dan putik. Bunga ini akan tumbuh di ketiak daun. 

Dalam bunga ini terdapat nektar sehingga mengeluarkan aroma wangi yang akan menarik perhatian serangga. Kebanyakan bunga jeruk memiliki warna yang putih, hanya jeruk nipis dan jeruk purut yang memiliki bunga berwarna merah. Setiap tahun, pohon ini bisa berbunga sampai 4 kali. 

Bentuk buah jeruk berbeda-beda setiap jenisnya. Namun, umumnya buah jeruk memiliki bentuk yang bulat dengan tangkai pendek. Terdapat kulit buah yang berwarna kuning atau hijau dengan struktur yang tebal dan sulit dikupas. Jeruk nipis dan jeruk purut memiliki kulit yang tipis dan mudah dikupas. 

Semua daging buah jeruk memiliki bentuk yang sama,yaitu terdiri atas kulit luar, kulit dalam, dan daging. Di dalam daging terdapat butiran kecil. Rasa buah jeruk mulai dari manis hingga asam. Semua buah jeruk kaya akan vitamin C. 

Dalam setiap buah jeruk terdapat biji dengan jumlah yang berbeda, mulai dari 3 sampai 15 biji. Biji jeruk berwarna putih dengan bentuk bulat. Pada bagian ujungnya agak runcing dengan pangkal yang tumpul. Biji ini bisa digunakan sebagai bibit pohon jeruk lagi. 

Sumber; ciriciripohon.com

 

Penyebaran

Di Indonesia, sentra produksi jeruk keprok dapat dijumpai di Batu, Jember, dan banyuwangi di Jawa Timur, Garut di Jawa Barat, Timor Tengah Selatan di Nusa Tenggara Timur dan Bali. 

Sumber: wikipedia.org