Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Berbuah Jeruk Bali

Gambar Jeruk Bali Pohon Berbuah Jeruk Bali

Taksonomi

Pomelopummelo atau nama Latinnya adalah Citrus maxima atau Citrus grandis, adalah buah asam terbesar dari famili Rutaceae dan merupakan turunan dari dari buah anggur. Buah alami ini, non hibrida, buah citrus, asli berasal dari Asia Tenggara. Sama dalam rasa buah anggur yang manis, pomelo biasanya dikonsumsi dan digunakan untuk acara-acara berkumpul di seluruh Asia Tenggara. Seperti buah anggur, pomelo memiliki potensi sebagai buah-buahan yang memabukkan. 

Sumber: wikipedia.org

 

 

Deskripsi

Jeruk pohon bali memiliki batang yang berbentuk bulat dengan mata tunas pada ujung atasnya. Tekstur permukaan kulit batang pohon ini agak kasar dengan tumbuhnya sedikit duri. 

Batang ini bisa tumbuh hingga setinggi 4,5 meter dengan warna yang beragam. Biasanya, pohon jeruk bali memiliki warna yang cokelat agak kehijauan. Dari batang utama, akan tumbuh cabang yang agak jarang.

Pohon jeruk bali memiliki daun sepanjang 5 cm. Paling besar, daunnya bisa tumbuh hingga 15 cm. Bentuk daun tanaman yang satu ini adalah oval, mirip seperti buah pir dengan ujung yang meruncing. 

Daun jeruk bali memiliki tulang yang menyirip. Daun ini mengandung minyak asiri, yang apabila anda menumbuknya, maka akan menimbulkan aroma yang khas. Daun jeruk ini memiliki manfaat yang anti rayap atau untuk membasmi serangga lainnya. 

Selain itu, daun ini juga bisa digunakan untuk masalah jerawat karena ada beberapa kandungan lainnya yang cocok untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat. Selain bentuknya, anda bisa mengetahui daun ini dengan melihat warnanya yang hijau dan mengkilap. 

Setiap pohon jeruk memiliki bunga, termasuk jenis pohon yang satu ini. Bunga jeruk memiliki bunga dengan sistem majemuk, artinya terdapat lebih dari satu kuntum bunga pada satu bunga. 

Bunga jeruk bali berwarna putih, serta memiliki benang sari dan putik dalam satu tubuh. Sistem ini biasanya disebut hermafrodit. Dalam satu bunga, terdapat sebuah putik dan maksimal 20 benang sari. Biasanya, bunga ini menampakkan diri pada ranting yang masih muda. 

Buah jeruk bali memiliki ukuran sedikit lebih besar dibandingkan beberapa jenis jeruk lainnya. Kulit jeruk bali lumayan tebal dengan bentuk yang membulat. Kalau biasanya daging buah jeruk berwarna kuning atau orange, daging jeruk bali berwarna merah. 

Tekstur buah ini lebih lembut dari kebanyakan jenis jeruk. Selain itu, jeruk ini sering digunakan sebagai bahan obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Hal ini karena di dalam jeruk bali terkandung kalium yang sangat tinggi. Kalium berguna untuk memperlancar peredaran darah sehingga oksigen mengalir ke seluruh bagian tubuh. 

Seperti jeruk lainnya, jeruk bali juga kaya akan vitamin C sehingga dapat meningkatkan daya tahan anda. Dalam satu buah jeruk bali terdapat biji buah yang berukuran kecil yang dilapisi dengan kulit keras. 

Biji jeruk bali ini bersifat polyembrional, artinya biji tersebut mengandung embrio. Biji ini berbentuk bulat dengan sedikit bagian runcing. Warnanya putih agak abu-abu. Biji jeruk bali juga termasuk jenis dikotil atau berkeping dua. 

Sumber: ciriciripohon.com

Penyebaran

Buah ini telah diperkenalkan ke wilayah CIna  100 BC. Di Asia Timur, terutama pada makanan Cina Canton, intisari pomelo (buah jeruk bali) digunakan untuk makanan yang tinggi serat dan nilai nutrisinya dan rendah lemak.

Sumber: ciriciripohon.com