Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Berbuah Belimbing Segi Lima

Gambar Belimbing Segi Lima Pohon Berbuah Belimbing Segi Lima

Taksonomi

Averhoa carambola (Oxalidaceae)

Nama umum/ lokal :

Belimbing , Limeng (Indonesia, Aceh) Star fruit, Carambola (Inggris) Belimbing manis (Malaysia) CarambolaBaum (Jerman), Mafueang (Thailand), Khe (Vietnam)

Sumber : World Agroforestry Centre

Deskripsi

Belimbing merupakan tumbuhan penghasil buah yang merupakan pohon evergreen, bercabang banyak, dengan ketinggian pohon rata- rata 3- 5 m dan dapat tumbuh hingga mencapai 6 – 9 m. Pohon ini memiliki daun majemuk yang panjangnya rata-rata 15 – 20 cm. Kelopak/lembaran daunnya lembut, berwarna hijau muda dan tekstur daunnya licin mengkilap di permukaan atas dan lembut berbulu di bagian belakang. Bunganya berwarna merah keunguan dengan lebar 6 mm dan muncul dari ketiak daun dan diujung cabang, namun ada juga yang keluar dari dahannya. Buah belimbing adalah buah berusuk lima yang jika dipotong melintang menghasilkan bentuk buah menyerupai bintang. Panjang buah berkisar 6.35 – 15 cm dan 9 cm lebar. Buah berwarna hijau muda pada saat muda dan berubah menuju kuning muda pada saat matang seluruhnya. Daging buah belimbing mengandung banyak air dan rasanya manis sampai asam.

Sumber : (Morton, J. 1987. Fruits of warm climates)

Penyebaran

Belimbing dipercaya berasal dari kepulauan Maluku namun saat ini telah tersebar di seluruh penjuru Asia Tenggara dan Malaysia. Belimbing biasa tumbuh di provinsi Fukien dan Kuangtung di Cina bagian selatan, serta di Taiwan dan India. Selain itu Belimbing juga populer di Filipina dan Queensland Australia, Tahiti, Belanda, New Caledonia, Papua Nugini dan Hawaii.

Sumber : (Morton, J. 1987. Fruits of warm climates)