Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Ulin

Gambar Ulin Pohon Ulin

Taksonomi

Ulin ( Erere) atau disebut juga dengan bulian atau kayu besi adalah pohon berkayu dan merupakan tanaman khas Kalimantan. Ulin adalah jenis pohon asli Indonesia (indigenous tree species) yang digolongkan ke dalam suku Lauraceae. 

Sumber: wikipedia.org

 

Deskripsi

Daun pohon ulin sederhana, berwarna hijau tua, kasar, elips hingga bulat telur, panjang 14-18 cm dan lebar 5-11 cm.

Bunga pohon ulin berwarna kuning hingga kehijauan bahkan putih.

Buahnya besar dengan ukuran sekitar 15-20 cm dan berbentuk bulat telur hingga oval.

Pohon Ulin termasuk pohon yang memiliki pertumbuhan lambat, tingginya hanya 0,05-0,5 cm per tahun. Ketinggian rata-rata pohon ulin di alam liar adalah 50 meter lebih dengan diameter batang terbawah hingga 1-2,2 meter.

Setiap pohon ulin dihabitatnya dapat mencapai usia 1.000 tahun atau lebih.

Bibit pohon ulin membutuhkan naungan, sedangkan pohon yang lebih tua membutuhkan lebih banyak cahaya (full sun).

Pohon ulin tidak cocok untuk perkebunan skala besar karena pertumbuhan yang sangat lambat, selain itu pasokan benih dan bibit juga tidak memadai (tidak tersedia secara bebas di pasaran).

Sumber: ciriciripohon.com

Penyebaran

Pohon ulin (Eusideroxylon zwageri) atau yang akrab disebut Kayu Besi adalah pohon langka yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Filipina. Di mancanegara kayu dari pohon ulin disebut Kalimantan Iron Wood, Ironwood, dan Billian.

Di Indonesia pohon ulin tumbuh di Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Flores. Sedangkan di Malaysia di negara bagian Sabah dan Sarawak, di Filipina ada di Kepulauan Sulu.

Sumber: ciriciripohon.com