Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Trembesi

Gambar Trembesi Pohon Trembesi

Taksonomi

Trembesi salah satu pohon terkenal yang kokoh, ia disaingi oleh Lebbeck Tree atau Trembesi Kuning (Albizia lebbeck) dan Pink Siris (Albizia julibrissin) di antara genusnya. Pohon trembesi juga memiliki banyak nama sinonim lokal di daerah asalnya dan di seluruh dunia.

Di Amerika dan Eropa, pohon trembesi biasanya dikenal sebagai Rain Tree, Samaan Tree, Monkey Pod Tree, Giant Thibet, Inga Saman, Cow Tamarind, East Indian Walnut, Soar dan Suar. Dalam bahasa Inggris internasional, pohon termbesi seringkali disebut "Acacia" atau "Akasia", karena kemiripannya dengan spesies akasia.

 

Deskripsi

Menurut penelitian yang dilakukan di Sekolah Kehutanan Institut Pertanian Bogor, Indonesia, pohon trembesi dewasa dengan diameter atap mahkota berukuran 15 meter menyerap 28,5 ton CO2 per tahun. Pohon-pohon trembesi telah banyak ditanam di Kudus dan Demak, dan juga akan ditanam di sepanjang bahu jalan dari Semarang sampai ke Losari.

Daunnya majemuk mempunyai panjang tangkai sekitar 7-15 cm. Daun trembesi akan melipat saat hujan dan di malam hari, maka dari itu pohon ini disebut "pohon hujan" atau "rain tree".

Panjang bunga trembesi mencapai 10 cm dari pangkala bunga hingga ujung bulu bunga, berwarna putih dan merah muda pada bagian atasnya. Pohon trembesi berbunga pada bulan Mei dan Juni.

Buah trembesi berbentuk panjang lurus agak melengkung, dengan panjang sekitar 10-20 cm, lebar 1,5-2 cm, dan tebal sekitar 0,6 cm. Buahnya berwarna cokelat kehitaman ketika matang.

Pohon trembesi memiliki bentuk atap lebar dengan mahkota menyerupai payung. Biasanya pohon trembesi tumbuh mencapai ketinggian 30-40 meter, meskipun ia bisa mencapai ketinggian 60 meter (tapi jarang).

Pohon ini memang sering ditanam di ruang publik yang luas seperti taman atau tepi jalan raya.

Ciri ciri pohon trembesi sangat mudah dikenali dari karakteristik pohonnya yang akan membentuk atap mahkota seperti bentuk payung. Dan pohon trembesi ini akan tumbuh melebar melebihi ketinggian pohonnya. Dinegara asalnya pohon ini dipergunakan sebagai pohon peneduh di perkebunan maupun di taman.

 

Penyebaran

Trembesi atau Hujanan (Samanea saman) adalah spesies pohon dalam keluarga Fabaceae, dan merupakan tanaman asli Amerika Tengah dan Selatan. Jangkauannya membentang dari Meksiko selatan ke Peru dan Brasil, tetapi telah secara luas diperkenalkan ke Asia Tenggara, Kepulauan Pasifik, dan Hawaii.