Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Tabebuya

Gambar Tabebuya Pohon Tabebuya

Taksonomi

Tabebuya adalah genus tanaman berbunga yang berasal dari famili  Bignoniaceae. Nama umum roble digunakan dalam bahasa Inggris. Tabebuya disebut tanaman terompet tetapi biasanya dinamai untuk tanaman lainnya dan telah menjadi sumber kebingungan dan salah identifikasi tanaman. 

Tabebuya hampir terlihat semuanya seperti tanaman-tanaman lainnya namun beberapa tabebuya sering digolongkan tanaman semak-semak yang besar. Beberapa spesies menghasilkan kayu tetapi genus ini dikenal luas sebagai tanaman yang ditanam sebagai tanaman berbunga.

Sumber: wikipedia.org

 

Deskripsi

Hampir semua spesies tabebuya memiliki daun dengan karakteristik tidak mudah rontok. Biasanya, daun tabebuya ini berbentuk bulat memanjang berukuran sekitar 5-10 cm dan lebar sekitar 2,5-5 cm. Selain itu, daun tabebuya memiliki warna hijau gelap yang majemuk beranak tiga sampai sembilan helai daun.

Pohon tabebuya memiliki bunga dengan ragam warna yang berbeda. Saat ini, warna bunga tabebuya yang paling banyak dikenal adalah merah muda, kuning, magenta, plum, merah, putih, dan juga jingga. Meski berasal dari beragam spesies yang tersebar di banyak negara dalam genus handroanthus dan tabebuia, bunga tabebuya selalu memiliki motif garis warna ungu di dalamnya.

Di musim semi, biasanya tabebuya menghasilan ribuan bunga yang tidak putus sejak awal musim kemarau sampai menjelang musim hujan. Hal ini terjadi karena memang tabebuya dikategorikan sebagai salah satu tanaman agresif. Laju pertumbuhannya tergolong cepat dan liar jika tidak dikendalikan dengan baik.

Namun saat ini, musim pembungaan tabebuya sudah bisa diatur melalui manipulasi pola pemupukan untuk mengontrol pertumbuhannya.

Selain memiliki daun yang tidak mudah rontok dan bunga-bunga yang teramat cantik, pohon tabebuya juga memiliki kelebihan lain. Beberapa kelebihan tersebut di antaranya, batang yang cukup keras dengan akar yang tidak merusak bangunan apapun di sekitarnya.

Sumber: ciriciripohon.com

 

Penyebaran

Tabebuya adalah tanaman asli tropis Amerika dan tanaman subtropis mulai dari Mexico dan kepulaun Caribbean hingga Argentina. Kebanyakan spesies tanaman ini dari Cuba dan Hispanis. Biasanya ditanam dan sering ditumbuh secara alami atau didatangkan dari alamnya. Juga tumbuh karena bibitnya yang dibawa angin.  

Sumber: wikipedia.org