Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Sengon

Gambar Sengon Pohon Sengon

Taksonomi

Klasifikasi ilmiah tumbuhan sengon yaitu dari famili Fabaceae, 

Secara taksonomi, tanaman ini memiliki beberapa sinonim lain, yaitu:

  • Mimosa chinensis Osbeck (1757)
  • Acacia stipulata de Candolle
  • Albizia marginata (Lamk) Merrill

Di beberapa daerah di Indonesia, sengon dikenal dengan beberapa nama yaitu sengon, singon, sengon Jawa (Jawa), jeungjing, jeungjing sunda (Sunda), sengghung (Madura), marewita, keura Sumba (Sumba). sika (Maluku), tadehu puta (Sulawesi), bae, wahagon (Papua).

Sedangkan di negara lain, pohon sengon dikenal dengan nama sebagai berikut, silk tree, chinese albesia (Inggris), kool (Kamboja), khang (Laos),  khang hung, kang luang (Thailand), cham (Vietnam), Machus, machis (Malaysia), puah (Brunei Darussalam), batai (Perancis, Jerman, Italia).  

Beberapa sebutan lain seperti sengon laut, sengon sabrang, dan sengon landi juga sering digunakan.

Sumber: rimbakita.com

 

 

Deskripsi

Pohonnya dapat menggugurkan daun; berukuran sedang hingga tinggi, 30–45 m, dan gemang batangnya 70(–140) cm. Pepagan  agak halus, di luarnya abu-abu gelap, dengan gigir-gigir melintang, berlentisel, tipis; pepagan bagian dalam setebal 5 mm, merah jambon. Ranting-ranting muda bersegi dan berambut.

Daun-daunnya majemuk menyirip berganda; tulang daun utama 10–25 cm, berambut, dengan kelenjar dekat pangkal tangkai daun dan pada pertemuan tulang sirip. Daun penumpu besar, bundar telur miring dengan pangkal yang setengah berbentuk jantung, seperti membran, dengan ekor di ujungnya; lekas rontok. Sirip-sirip 4–14 cm panjangnya, dengan 10–45 anak daun per sirip, duduk, berhadapan. Anak daun memanjang sampai bentuk garis, dengan ujung runcing, miring, sisi bawah hijau biru, tulang daun tengah sangat dekat dengan tepi atas. 

Bunga majemuk berbentuk bongkol yang bertangkai, yang terkumpul lagi menjadi malai yang panjangnya 15–30 cm. Bongkol berisi 10–20 kuntum bunga. Bunga berbilangan-5; dengan kelopak bergigi, tinggi lk 4 mm, berambut; tabung mahkota bentuk corong, kuning hijau, tinggi lk 7 mm, berambut. Benang sari 10 atau lebih, panjang lk 3 cm, putih, di atas hijau, pangkalnya menyatu membentuk tabung, yang kurang lebih setinggi mahkota. Buah polong panjang, tidak membuka, patah-patah tidak teratur. Biji pipih, jorong.

Sumber: wikipedia.org

 

Penyebaran

Pohon peneduh dan penghasil kayu ini tersebar secara alami di India, Asia Tenggara, Tiongkok Selatan dan Indonesia. 

Sebaran alami sengon meliputi India, Burma, Thailand, Kamboja, Laos, CIna, Vietnam, dan Indonesia, diintroduksi ke Australia. Di Indonesia, sengon menyebar di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara; dibawa masuk dan dibudidayakan di Sumatera dan Kalimantan.

Sumber: wikipedia.org