Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Pulai

Gambar Pulai Pohon Pulai

Taksonomi

Pulai atau Pule (Alstonia scholaris) adalah pohon dalam keluarga Apocynaceae. 

Sumber: ciriciripohon.com

Dikenal juga dengan nama lokal pule, kayu gabus, lame, lamo dan jelutung. 

Sumber: wikipedia.org

 

 

Deskripsi

Bagian atas daunnya mengkilap, sedangkan bagian bawahnya berwarna keabu-abuan. Daunnya muncul dalam tiga hingga sepuluh lembar dalam satu lingkaran. Tangkai daunnya berukuran 1-3 cm, daun kasar.

Bunganya cymes padat dan puber dengan panjang tangkai bunga 4-7 cm. Corolla berwarna putih dan seperti tabung dengan panjang 6-10 mm, lobus atau obovatenya seluas 2-4,5 mm, tumpang tindih ke kiri.

Bunga-bunganya mekar di bulan Oktober hingga November. Baunya sangat harum, mirip dengan bunga Arum dalu (Cestrum nocturnum).

Buahnya berbentuk bujur, dengan tepi bersilia, dan berakhir dengan jumbai 1,5-2 cm. Kulit buahnya tidak berbau dan sangat pahit, dengan getah berwarna putih seperti susu.

Pule termasuk pohon besar yang memiliki pertumbuhan cepat. Ia biasa tumbuh ditempat-tempat sejuk yang dekat dengan perairan seperti tepi sungai, rawa, dan sawah.

Sumber: ciriciripohon.com

 

Penyebaran

Pohon ini asli dari Cina selatan, Asia tropis dan Australasia.

Pohon pule dapat tumbuh hingga ketinggian 40 meter dengan dedaunan renggang. Kulitnya batangnya berwarna keabu-abuan dan cabang-cabang mudanya ditandai dengan lentisel.

Sumber: ciriciripohon.com

Pohon pule mendiami dan mudah ditemukan di daerah sebagai berikut :
Cina (Guangxi dan Yunan), Anak benua India (Bangladesh, India, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka). Asia Tenggara (Kamboja, Laos, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Papua Nugini, Filipina, Thailand, dan Vietnam). Australia (Queensland), Pasifik (Kepulauan Solomon).

Sumber: wikipedia.org