Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Mahoni

Gambar Mahoni Pohon Mahoni

Taksonomi

Mahoni dapat tumbuh dengan subur di pasir payau dekat dengan pantai dan menyukai tempat yang cukup sinar matahari langsung. Tanaman ini termasuk jenis tanaman yang dapat bertahan hidup didaerah yang tergenang air ataupun di tanah gersang. Walaupun tidak disirami selama berbulan-bulan, mahoni masih mampu untuk bertahan hidup.

 

Deskripsi

Tinggi pohon ini dapat mencapai 35 - 40 meter dan berdiameter 1,25 meter. batangnya lurus silindris. Kulit luar pohon coklat kehitaman dan bersisik. Tanaman yang muda berwarna abu-abu dan berubah warna menjadi coklat tua, beralur dan mengelupas pada saat tua. 

Berbunga setelah berusia 7 tahun dan mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari melekat pada mahkota, kepala sari putih, kuning kecoklatan. 

Buahnya bulat telur, berlekuk lima, warnanya cokelat. Biji pipih, warnanya hitam atau cokelat.

Daunnya menyirip, panjang 12-25 cm, dengan empat hingga delapan selebaran, masing-masing selebaran memiliki panjang 5-6 cm dan lebar 2-3 cm.

Buahnya kecil, berbentuk kapsul yang panjangnya sekirat 5-10 cm, lebar 3-6 cm, dan berisi banyak biji.

 

 

Penyebaran

Mahoni berasal dari Hindia Barat. Saat penjajahan Belanda dulu, pohon mahoni telah lama disebarkan pihak Belanda ke Indonesia. Terlihat pada deretan pohon mahoni yang tumbuh di pinggir jalan dari Anyer hingga Pamanukan. Ada juga yang berasal dari Florida Selatan, Amerika Serikat, dan pulau-pulau di Karibia, Bahama, Kuba, Barbados, Jamaika, Republik Dominika dan Haiti. Tumbuh subur di daerah berpayau dekat dengan pantai.