Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Laban

Gambar Laban Pohon Laban

Taksonomi

Leben atau Leban atau laban adalah spesies pohon keluarga Lamiaceae asli dari Asia Selatan dan Tenggara. Ia termasuk pohon yang memiliki pertumbuhan lambat, ketinggian maksimalnya bisa mencapai 18-20 meter dan diameter batang 1-3 meter.

Di setiap daerah di Indonesia pohon leben disebut dengan nama yang berbeda-beda seperti di Kalimantan dan Jawa dikenal dengan nama Amola, Amolaung, Gagil, Humulawan, Kalapapa, Kulimpapa batu, Kulimpapa simpor, Kulumpapa, Laban daun menjari, Laban, Laben, Leban, dan Pagil. Sedangkan diluar Kalimantan dan Jawa disebut Hiketaroe (Sumbawa), Pampa (Pulau Komodo), Kopiher, Aloban-batu, Aloban Kardoek dan Bunga Aloban (Sumatera).

Sumber: ciriciripohon.com

 

Deskripsi

Daunnya tumbuh berlawanan, majemuk, panjangnya 15-20 cm dan lebar 7-10 cm.

Bunga leben muncul di ujung ranting, berukuran sekitar 8 mm, dan berwarna putih kekuningan atau keunguan.

Buahnya bergerombol, berbetuk bulat kecil, berdiameter 5-6 mm, berwarna hijau ketika muda dan ungu kehitaman setelah matang.

Pohon leben dapat tumbuh setinggi 20 meter di alam liar. Kulit batangnya pecah-pecah, bersisik, dan berwarna abu-abu kekuningan pucat.

Pohonnya memiliki kayu yang sangat kuat dan tahan lama, bahkan jika terkena air atau tanah. Warna kayunya coklat keabu-abuan dan kepadatannya sekitar 930 kg per meter kubik.

Untuk memperbanyak pohon leben bisa dilakukan dengan cara semai biji atau stek batang.

Sumber: ciriciripohon.com

Penyebaran