Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Ketapang Kencana

Gambar Ketapang Kencana Pohon Ketapang Kencana

Taksonomi

Pohon ketapang atau Terminalia catappa adalah salah satu jenis pohon tropis dengan ukuran yang besar dan rindang dari keluarga pohon cemara.

Pohon ketapang ini juga dikenal dengan berbagai nama seperti Indian almond, country almond, sea almond, malabar-almond, dan tropical almond.

Di Indonesia sendiri, penyebutan pohon ketapang di masing-masing daerah juga berbeda seperti Gentapang, Ketapang Kencana, Lahafang, Hatapang, dan masih banyak lainnya.

Sumber: ciriciripohon.com

 

Deskripsi

Tajuk atau cabang dari pohon ketapang kencana benar-benar terkesan sangat rapi dan tersusun. Sebab, tajuknya berbentuk mendatar dan berlapis-lapis. Sangat berbeda dengan ketapang pada umumnya yang ada di pinggir jalan raya atau tepi pantai, dahannya tumbuh secara random dan tak membentuk pola apapun.

Daun dari pohon ketapang kencana juga cukup berbeda dengan ketapang pada umumnya. Banyak jenis ketapang lainnya memiliki karakteristik daun yang lebar. Tidak sekedar ‘lebar’ saja, lebarnya biasa mencapai 15 sentimeter dan panjangnya bisa mencapai 20 sampai 30 sentimeter. Namun tidak untuk jenis kencana ini, daunnya kecil-kecil dan sangat banyak selisihnya dengan daun ketapang jenis lainnya.

Warnanya memang hijau, sama seperti ketapang lainnya. Namun saat dilihat daunnya akan tampak glossy dan terkesan akan terasa licin saat diraba. Padahal saat diraba, daun ini akan terasa kasar. Lebih singkatnya adalah daun ini terlihat licin namun kasar ketika diraba.

Dibanding dengan jenis ketapang lain, ranting dari jenis kencana ini lebih bisa membentang luas. Panjang dari rantingnya bisa terus tumbuh hingga sepanjang empat meter. Bukan hanya tumbuh saja, tumbuhnya ranting panjang ini juga disertai dengan pertumbuhan daun.

Sumber: ciriciripohon.com

Penyebaran

Asal dari pohon ketapang kencana ini juga cukup berbeda dengan jenis lainnya. Malahan, dengan yang lainnya asal ketapang ini cukup jauh dengan jenis lainnya. Kebanyakan jenis ketapang berasal dari Asia Tenggara, ada juga yang dari benua Afrika bagian barat. Sedangkan ketapang jenis kencana asal aslinya adalah dari Pulau Madagaskar, salah satu pulau yang termasuk dalam benua Afrika.

Pohon ini memang sangat mudah ditemukan di wilayah tropis, seperti Asia, Australia, dan juga Afrika.

Sumber: ciriciripohon.com