Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Kayu Putih

Gambar Kayu Putih Pohon Kayu Putih

Taksonomi

Gelam atau Kayu putih (Melaleuca leucadendra, sinonim, M. leucadendron) merupakan pohon anggota suku jambu-jambuan (Mystaceae) yang dimanfaatkan sebagai sumber minyak kayu putih (cajuput oil). Minyak diekstrak (biasanya disuling dengan uap) terutama dari daun dan rantingnya. Namanya diambil dari warna batangnya yang memang putih.

Sumber: wikipedia.org

Kayu Putih (Melaleuca leucadendra) adalah tanaman dalam keluarga Myrtle, Myrtaceae dan tersebar luas di utara Asia Tenggara, New Guinea, dan Australia. Ini adalah satu-satunya spesies Melaleuca yang tumbuh di Indonesia.

Secara bentuk, pohon kayu putih serupa dengan pohon-pohon paperbark lainnya, terutama Melaleuca cajuputi, Melaleuca quinquenervia, Melaleuca linariifolia, dan Melaleuca viridiflora. Karena kemiripan dari semuanya, orang-orang di negara berbahasa Inggris sering menyebutnya sebagi Cajeput. Cajuput memiliki makna "minyak yang diperoleh dari dedaunan cajuputi".

Sumber: ciriciripohon.com

 

 

 

Deskripsi

Daunnya tersusun bergantian, panjang 7-27 cm, lebar 1-4 cm, berbentuk panjang dan meruncing.

Bunganya berwarna krem atau putih kehijauan dan tumbuh di ujung cabang. Berbunga kapan saja sepanjang tahun dan diikuti oleh buah-buahan berbentuk kapsul kayu berukuran 4-5 mm, dan muncul di sepanjang batang.

Pohon kayu putih dapat tumbuh hingga ketinggian 20-25 meter dengan kulit batang tebal dan berwarna putih.

Sumber: ciriciripohon.com

 

 

Penyebaran

Tumbuhan ini terutama tumbuh baik di Indonesia bagian timur dan Australia bagian utara, namun demikian dapat pula diusahakan di daerah-daerah lain yang memiliki musim kemarau yang jelas.

sumber: ciriciripohon.com