Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Damar

Gambar Damar Pohon Damar

Taksonomi

Pohon damar (Agathis dammara (Lamb.) Rich.) adalah sejenis pohon anggota tumbuhan runjung (Gymnospermae) yang merupakan tumbuhan asli Indonesia. Damar menyebar di Maluku, Sulawesi, hingga ke Filipina (Palawan dan Samar). Di Jawa, tumbuhan ini dibudidayakan untuk diambil getah atau hars-nya. Getah damar ini diolah untuk dijadikan kopal.

Nama-nama lokal A. dammara di antaranya adalah damar rajakisi (Boru), salo (Ternate), dayungon (Samar), juga ki damar (Sunda), dama, damaa, damah, damahu, rama, marama puti (aneka bahasa di Sumawesi Utara), oano, kolano, moleauno (Halmahera), dan lain-lain.

Sumber: wikipedia.org

 

Deskripsi

Daun damar berbentuk jorong, meruncing ke arah ujung yang membundar.

Buah pohon damar berbentuk bulat telur. 

Pohon damar juga berperan sebagai tanaman peneduh taman dan tepi jalan, misalnya di sepanjang Jalan Dago, Bandung. Bentuk pohonnya tegak meninggi dengan percabangan yang tidak terlalu lebar.

Tinggi pohon damar dapat mencapai 60 meter, berbatang bulat dengan diameter yang bisa lebih dari 1,5 meter. Kulit batang luar berwarna keabu-abuan dengan sedikit kemerahan, mengelupas dalam keping-keping kecil.

 

Penyebaran

Agathis adalah genus yang sangat beragam, meskipun hanya memiliki terdapat 21 spesies didalamnya. Banyak spesies Agathis ditemukan di hutan hujan tropis, beberapa spesies lain tumbuh di hutan beriklim sedang dan sejuk.

Agathis atropurpurea ditemukan di hutan pegunungan di ujung utara Queensland, Australia. Spesies ini tumbuh di daerah dengan ketinggian antara 950-1450 mdpl, di mana curah hujan bisa melebihi 18.000 milimeter di daerah tanpa data.

Sedangkan Agathis robusta tumbuh di hutan hujan tropis di tanah berpasir di dekat pantai, seperti di Pulau Fraser, Australia, di mana pohon ini tumbuh di hutan hujan subtropis (tidak ada tanah di Pulau Fraser, hanya pasir).

Lalu, Agathis ovata tumbuh di hutan dan sabana pada ketinggian antara 150-1000 mdpl di New Caledonia.

Di Jawa, tumbuhan ini ditanam dan dibudidayakan di daerah pegunungan.

Di luar negeri, pohon damar disebut sebagai Amboyna pine. Pohon damar sendiri berasal dari Filipina, dan Maluku di Indonesia.

Pohon damar masih keluarga tanaman Araucariaceae. Damar adalah pohon yang tersebar luas di seluruh Mesozoikum, diperikirakan telah ada sekitar 200 juta tahun yang lalu.

Pohon damar dimanfaatkan manusia untuk diambil getahnya yang dikenal sebagai resin mata kucing.

Sumber: ciriciripohon.com