Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Cemara Laut

Gambar Cemara Laut Pohon Cemara Laut

Taksonomi

Tanaman ini bernama lain (Latin), causatina equisetifolia. Dalam bahasa Inggris disebut pohon pinus Australia atau pohon pinus bersiul.Berasal dari spesies she-oak dari genus causarina, 

Casuarina equisetifolia dijelaskan oleh ahli botanist Linnaeus di tahun 1759 sebagai Casuarina equisefolia. Satu jenis tanaman yang ditemukan oleh ahli tanaman (botanis) dari Negara Bagian Australia New South Wales botanist Lawrie Johnson di tahun 1989. Nama khusus bahasa latin equisetifolia berasal dari bahasa latin yaitu equisetum, yang berarti "rambut kuda" (mengacu kepada kemiripan dengan ekor kuda). Nama-nama umumnya adalah sheoak pantai, casuarina pantai, oak pantai, sheoak pantai, pohon pinus pantai, whistling tree (pohon bersiul), horsetail she oak, horsetail beefwood, horsetail tree, pinus Australia (Australian pine), ironwood, whistling pine (pinus bersiul), Filao tree, dan agoho.

Sumber: wikipedia.org

 

Deskripsi

Casuarina adalah pohon yang selalu tumbuh sepanjang waktu yang tumbuh ketinggian dari 6 –35 m (20–115 ft). Bentuk batangnya ramping, bercabang banyak berwarna hijau dan hijau keabu-abuan dan berdiameter  0.5–1 mm. Bunga-bunganya dihasilkan dari bunga panjang yang terkulai kecil dari perbungaan, bunga jantannya berbentuk paku-paku yang sederhana dengan panjang 0.7–4 cm (0.28–1.57 in), bunga betinanya berbentuk tangkai bunga yang pendek.. Tidak seperti spesies lainnya pada umumnya Casuarina (tanaman berumah dua) adalah tanaman berumah satu (tanaman jantan saja atau betina saja), dengan bunga-bunga jantan dan betina dihasilkan dari tanaman yang sama. Buahnya berkayu oval dengan ukuran panjang 10–24 mm (0.39–0.94 in) dan diameter 9–13 mm (0.35–0.51 in), menyerupai konifer berkerucut dangkal yang terbuat dari karpel yang beragam pada setiapnya berisi bibit yang tunggal, kecil dengan kelopak yang kecil berukuran panjang 6–8 mm.

Seperti beberapa spesies yang lain dari genus Casuarina C. equisetifolia adalah tanaman bersifat mengikat zat nitrogen yang mampu memperbaiki zat nitrogen udara. Terbalik dengan spesies famili tanaman fabaceae (misalnya kacang-kacangan, tanaman alfaifa, dan tanaman acacia). Casuarina berbatasan dengan simbiosis dengan famili tanaman Frankia actinomycete. .

Sumber: wikipedia.org

 

Penyebaran

Tanaman ini menyebar ke Asia Tenggara, Australia Utara dan Kepulauan Pasifik. termasuk Thailand, Myanmar, Vietnam, Malaysia, Singapore, Brunei, Indonesia, Timor Timur, dan Filipina (dimana dikenal sebagai pinus agoho). ke arah Timur menyebar ke Papua New Guinea, Polynesia Perancis, Kepulauan New Caledonia, dan Vanuatu, sedangkan ke arah Selatan hingga Australia (Utara wilayah Northern Territory, Utara dan Timur Queensland, dan Timur Laut New South Wales). Populasi tanaman ini juga ditemukan di Madagaskar, tetapi diragukan jika ini diluar dari kisaran spesies aslinya. Spesies ini telah diperkenalkan ke wilayah Selatan Amerika Serikat dan Afrika Barat. Spesies ini juga menyebar ke Florida, Afrika Selatan, India dan Brazil. 

Tanaman Casuarina ditemukan juga Malaysia, ke arah timur ke Polynesia Perancis, Caledonia Baru dan Vanuatu, dan kearah selatan ke Australia (wilayah bagian utara negara bagian Northern Territory, ke arah utara dan timur yaitu ke negara bagian Queensland dan ke arah timur laut yaitu negara bagian New South Wales dimana menyebar hingga ke kota Laurieton.

Sumber: wikipedia.org