Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Bintaro

Gambar Bintaro Pohon Bintaro

Taksonomi

Nama latin pohon bintaro awalnya "Cerberus" . Itu diambil dari nama anjing berkepala tiga (anjing neraka) dalam mitologi Yunani.Lalu, berubah nama menjadi Cerbera. 

Deskripsi

Daunnya besar, berwarna hijau gelap mengkilap, tersusunan spiral, dan berbentuk bulat telur.

Bunga bintaro beraroma harum, berwarna putih, pink atau merah, memiliki tubular lima lobed putih dan dengan diameter corolla sekitar 3 sampai 5 cm.

Buah bintaro berbentuk telur dengan tangkai buah yang panjang, buahnya berukuran panjang sekitar 5-10 cm, dan berwarna hijau ketika masih mentah kemudian merah setelah matang.

Pohon bintaro dapat tumbuh sampai ketinggian 10 hingga 12 meter di alam liar. Pohonnya menempati habitat pesisir dan banyak ditemukan di hutan bakau.

 

Penyebaran

Bintaro (Cerbera manghas) spesies pohon yang tumbuh di pesisir pantai dan penyebarannya mulai dari Seychelles di Samudra Hindia ke arah timur ke Polinesia Prancis.

Pohon bintaro telah diperkenalkan ke Hawaii dan daerah tropis lainnya termasuk Indonesia sebagai tanaman hias. Meskipun pohon bintaro dianggap tanaman hias, namun ia juga tergolong sebagai pohon beracun mematikan, terutama dibagian daun dan buahnya.