Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Bakau

Gambar Bakau Pohon Bakau

Taksonomi

Bakau adalah nama sekelompok tumbuhan dari marga Rhizophora, suku Rhizophoraceae.

Pohon bakau juga memiliki banyak nama lain seperti tancangtanjang (Jawa); tinjang (Madura); bangko (Bugis); kawoka (Timor), wakojangkar dan lain-lain.

Sumber: wikipedia.org

 

Deskripsi

Pohon besar, dengan akar tunjang yang menyolok dan bercabang-cabang. Tinggi total 4-30 m, dengan tinggi akar mencapai 0.5–2 m atau lebih di atas lumpur, dan diameter batang mencapai 50 cm. Bakau merupakan salah satu jenis pohon penyusun utama ekosistem  hutan bakau. 

Daun tunggal, terletak berhadapan, terkumpul di ujung ranting, dengan kuncup tertutup daun penumpu yang menggulung runcing. Helai daun eliptis, tebal licin serupa kulit, hijau atau hijau muda kekuningan, berujung runcing, bertangkai, 3,5-13 × 7–23 cm. Daun penumpu cepat rontok, meninggalkan bekas serupa cincin pada buku-buku yang menggembung.

Bunga berkelompok dalam payung tambahan yang bertangkai dan menggarpu di ketiak, 2-4-8-16 kuntum, berbilangan 4. Tabung kelopak bertaju sekitar 1,5 cm, kuning kecoklatan atau kehijauan, melengkung. Daun mahkota putih berambut atau gundul agak kekuningan, bergantung jenisnya. Perbungaan terjadi sepanjang tahun.

Buah berbentuk telur memanjang sampai mirip buah pir yang kecil, hijau coklat kotor. Hipokotil tumbuh memanjang, silindris, hijau, kasar atau agak halus berbintil-bintil.

Sumber: wikipedia.org

 

Penyebaran

Jenis bakau minyak (Rhizophora apiculata Bl. atau sering pula disebut R. conjugata L.) menyebar mulai dari Srilanka, Semenanjung Malaya, seluruh Indonesia, sampai ke Australia tropis dan pulau-pulau di Pasifik. 

Jenis bakau kurap (Rhizophora mucronata poir) Menyebar luas mulai dari Afrika timur, Madagaskar, Mauritania, Asia Tenggara, kepulauan Nusantara, Melanesia, dan Mikronesia. Diperkenalkan ke Hawaii.

Jenis bakau kecil menempati habitat yang paling beragam. Mulai dari lumpur, pasir sampai pecahan batu atau karang. Mulai dari tepi pantai hingga daratan yang mengering. Terutama di tepian pulau yang berkarang. Diketahui menyebar di Taiwan, Filipina, Malaysia, Papua Nugini dan Australia tropis. Di Indonesia didapati mulai dari Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, Sumba, Sulawesi, Maluku, dan Papua. 

Sumber: wikipedia.org