Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Angsana

Gambar Angsana Pohon Angsana

Taksonomi

Pterocarpus Indicus (Fabaceae) Nama umum/ lokal : Angsana, Sonokembang (Indonesia) Burmese Rosewood (Inggris) Padauk, Angsana atau Sena (Malaysia) Pradu (Thailand), Narra (Filipina), Tnug (Kamboja), santal rouge amboine (Perancis)

Deskripsi

Angsana adalah pohon gugur besar yang tumbuh sampai 30 m tinggi atau lebih . Daunnya berupa daun majemuk dengan panjang sekitar 12-22 cm dan terdiri dari 5-13 anak daun. Bunganya sangat harum dan tumbuh sebagai bongkol atau sekelompok kuntum bunga majemuk(perbungaan/infloresens) yang berkumpul dalam ‚malai‘ dan berwarna kuning terang atau terkadang kuning-oranye. Kelopak bunga serupa lonceng berdiameter 5-6 mm, dan mahkota daun panjangnya sekitar 16-18 mm. Buah angsana adalah buah polong pipih, seperti piring terbang dikelilingi sayap tipis seperti kertas, dengan diameter 4 -6.6 cm. Polong akan masak dalam waktu 4-6 bulan, berwarna kecoklatan ketika mengering. Bagian tengah polong berdiameter 1,5–3 cm dan ketebalannya sekitar 6–9 mm.

Penyebaran

Angsana banyak tumbuh tersebar di Asia Tenggara Hingga dan Samudera Pasifik. Pohon ini ditemukan mulai dari bagian selatan Burma ke arah barat hingga ke kepulauan Solomon bagian timur, termasuk Sumatra, Jawa barat, Kalimantan, Filipina, Kepulauan Sunda, Kepulauan Maluku dan Papua Nugini. Angsana tumbuh dengan baik di habitat tropis,600 m diatas permukaan laut, dan mudah diperbanyak dengan biji maupun dengan stek cabang dan rantingnya.