Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

gambar gambar 2 gambar 3

Taman Trembesi


TAMAN TREMBESI

LOKASI TAMAN

Taman ini terletak di Gampong Merduati, Kecamatan Kuta Raja, Kota Banda Aceh dengan titik koordinat satelit 5.5623, 95.3102. Lokasi menuju taman ini melalui Jalan Tuanku Raja Keumala atau Jalan Flamboyan menuju Rusunawa Keudah. Taman ini terletak di bagian belakang dari rusunama tersebut. Parkir kendaraan roda empat dapat dilakukan diluar pagar taman atau tepatnya di depan pintu masuk sedangkan parkir kendaraan roda dua dapat dilakukan di dalam taman berdekatan dengan pos jaga bercat hijau.   

JAM KUNJUNGAN

Taman ini tetap buka mulai dari pagi jam 8.00 WIB hingga sore jam 18.00 WIB setiap hari secara gratis.

TAMAN TREMBESI

Taman ini dinamai taman trembesi disebabkan taman ini didominasi oleh pepohonan trembesi yang berjumlah lebih dari ratusan pohon trembesi yang ditanam disini. Ada area khusus tanaman trembesi yang berlokasi dekat dengan pos jaga dan mushalla. Selanjutnya, taman ini merupakan taman yang ramah anak dan terbukti terlihat adanya ruang bermain anak yang luas yang terletak bersebelahan dengan area tanaman trembesi di bagian belakang taman.

AREA RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) YANG TERSEDIA 

Dengan luas area 2,3 hektar, Pemerintah Kota Banda Aceh telah mencoba memenuhi Undang-undang No.26/2007 tentang perencanaan tata ruang berkaitan ruang terbuka hijau (RTH) dengan menyediakan salah satu RTH seluas itu di Gampong Merduati. Ruang terbuka hijau ini dikelompokkan dalam beberapa area yaitu area tanaman trembesi, area taman buah, area pembibitan, area lapangan rumput dan area bermain anak dan plaza dan area-area tersebut merupakan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

FASILITAS TAMAN TREMBESI

Fasilitas-fasilitas yang tersedia di taman ini merupakan fasilitas pendukung bagi kenyamanan pengunjung. Fasilitas-fasilitas tersebut adalah:

 

  1. Alat bermain anak
  2. Pintu masuk
  3. Signboard/titik kumpul (assembly point)
  4. Mushalla dan tempat wudhu
  5. Tower air
  6. Tempat duduk
  7. Pedestrian/jogging track
  8. Papan informasi
  9. Pompa air
  10. Penampungan air
  11. Lampu taman
  12. Toilet
  13. Tempat sampah

 


POHON DAN TANAMAN HIAS RTH TAMAN TREMBESISNIP

Adapun pepohonan yang ada di taman ini yaitu:

Pohon peneduh:

  1. Angsana
  2. Asam Jawa
  3. Beringin leupe
  4. Cemara laut
  5. Ketapang
  6. Trembesi

Tanaman hias:

  1. Air mata pengantin
  2. Bungur
  3. Merak kuning
  4. Merak merah
  5. Ketapang kencana
  6. Melati
  7. Mangkok-mangkokan
  8. Bunga kancing

 

  1. Nusa Indah
  2. Jengger ayam
  3. Kamboja jepang
  4. Sop-sopan
  5. Lili brazil
  6. Palem putri
  7. Pisang-pisangan
  8. Zodiak

Pohon buah:

  1. Jambu air
  2. Jambu bol
  3. Mangga
  4. Pisang kipas
  5. Pohon tin
  6. Sirsak
  7. Sukun
  8.  Sawo

Pohon lainnya:

  1. Pohon sawit
  2. Pohon kari

PEMANFAATAN TAMAN TREMBESI

Berkenaan dengan lokasi taman ini yang bersebelahan dengan komplek perumahan rusunawa, taman ini banyak dimanfaatkan oleh penghuni rusanawa ini pada umumnya, terutama pengunjung anak-anak untuk bermain di ruang bermain anak yang dilengkapi beberapa alat bermain anak, seperti ayunan, peluncuran, tangga gantung dan lain sebagainya. Mereka bermain pada umumnya di waktu pagi dan sore hari. Ruang bermain anak ini selain dimanfaatkan untuk bermain dengan alat bermain anak usia 12 tahun ke bawah, juga dimanfaatkan sebagai lokasi terbuka bagi arena olahraga memanah bagi para pelajar sekolah dasar di hari libur. Demikian pula dengan area lapangan rumput yang berlokasi di tengah taman, dimanfaatkan sebagai sarana belajar atau kegiatan outdoor anak sekolah ataupun komunitas masyarakat.

Bagi pengunjung pecinta tanaman hias, area pembibitan adalah daya tarik sendiri bagi mereka. Area ini yang dipenuhi dengan berbagai tanaman hias yang indah dan beraneka ragam, menjadikan area ini cocok untuk dikunjungi dan menyejukkan mata saat melihatnya. Area taman buah yang berada bersebelahan dengan area pembibitan adalah daya tarik bagi pengunjung yang ingin merasakan buah lokal yang tumbuh disini. Bagi pencinta buah-buahan, pada musim buah sesuai dengan musim panennya, buah-buah tersebut dapat dinikmati pengunjung sambil berjalan-jalan disekitar area ini. 

Area plaza yang bersebelahan dengan ruang bermain anak, terdapat jam matahari, dimana pengunjung dapat melihat arah bayangan matahari yang terus bergerak berlahan-lahan mengikuti angka jam yang terdapat di lantai plaza ruang terbuka ini. Dengan dikelilingi oleh tanaman-tanaan hias yang melingkari area plaza ini, pengunjung dapat memanfaatkan area ini untuk belajar di alam terbuka dan ruang kegiatan outdoor bagi semua pengunjung.

Pedestrian atau jogging track yang teduh yang dihasilkan dari tanaman cemara laut yang ditanam di sepanjang pinggiran pedestrian ini, dapat menjadi tempat untuk berolahraga jalan atau jogging bagi seluruh pengunjung. Demikian pula bagi pengunjung yang hobi berfoto dan pembuatan video, pedestrian yang luas, teduh dan nyaman ini merupakan spot menarik untuk memuaskan hobi tersebut termasuk area trembesi yang berlokasi dekat dengan pos jaga dan mushalla.  

Peta situasi taman dapat dilihat di bawah ini.