Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

gambar gambar 2 gambar 3

TAMAN KRUENG NENG


TAMAN KRUENG NENG

LOKASI TAMAN

Taman ini terletak di Gampong Lamjamee, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh dengan titik koordinat satelit 5.54176, 95.2858. Lokasi ini berada di Jalan Ulee Lheue – Ajun dan sekitar 5 menit dari bundaran mesjid Ulee Lheue ke arah Ajun. Taman ini berada dekat dengan Jembatan Krueng Neng dan bersebelahan dengan sungai Krueng Neng. Lokasi pintu masuk taman berada di sisi sebelah Utara dan Selatan taman. Pintu gerbang utama nya berada di sebelah Selatan taman dengan parkir kendaraan roda dua sedangkan parkir kendaraan roda empat diluar pagar taman.

JAM KUNJUNGAN

Taman ini tetap buka mulai dari pagi jam 8.00 WIB hingga sore jam 18.00 WIB setiap hari secara gratis.

AREA RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) YANG TERSEDIA 

Taman Krueng Neng dengan luas 1,52 ha merupakan bagian dari ruang terbuka hijau (RTH) yang telah diusahakan oleh Pemeritnah Kota Banda Aceh dalam menjalankan Undang-undang No.26/2007 tentang ruang terbuka hijau (RTH) dan merupakan cara memenuhi persyaratan minimal 30% luas lahan hijau dari total luas lahan kota. Pada ruang terbuka hijau taman ini terdapat area bermain anak, area lapangan olah raga dan open stage theater (ruang panggung terbuka). Ketiga area tersebut merupakan daya tarik dari taman ini. 

FASILITAS RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) TAMAN KRUENG NENG

Fasilitas-fasilitas yang disediakan di taman ini merupakan pendukung atau penunjang bagi adanya kenyamanan bagi para pengunjung, yaitu: 

  1. Mushalla
  2. Tempat wudhu
  3. Lapangan olah raga
  4. Gedung serba guna
  5. Toilet
  6. Tower air
  7. Instalasi listrik
  8. Drainase
  1. Alat bermain anak
  2. Pergola (gedung arsitektural)
  3. Pet air
  4. Trek refleksi
  5. Pedestrian
  6. Tempat sampah
  7. Lampu taman
  8. Kantor/gudang.
  1. Open stage theater
  2. Tugu tulisan taman Krueng Neng

POHON DAN TANAMAN RTH KRUENG NENG

Demi mendapatkan keindahan dan keteduhan taman Krueng Neng, berbagai tanaman telah ditanami dalam taman ini yaitu:

Pohon peneduh:

  1. Akasia
  2. Angsana
  3. Bambu
  4. Cemara laut
  5. Flamboyan
  6. Glumpang

 

  1. Jati
  2. Nimba
  3. Mahoni
  4. Tanjung
  5. Trembesi

Tanaman hias:

  1. Agave
  2. Air mata pengantin
  3. Alamanda
  4. Bungur
  5. Kamboja jepang
  6. Ketapang kencana

 

 

  1. Lantana
  2. Palem kipas
  3. Palem putri
  4. Pucuk merah
  5. Saputangan
  6. Seulanga
  7. Teh tehan

Tanaman buah:

  1. Kelapa
  2. Mangga
  3. Sukun
  4. Jamblang

PEMANFAATAN RTH KRUENG NENG

Berlokasi di daerah perumahan dan aliran sungai Krueng Neng gampong Lamjamee, taman ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitarnya sebagai sarana bermain anak di waktu sore. Dengan dilengkapi alat bermain anak dengan jumlah 3 unit, taman ini sangatlah cocok dijadikan tempat bermain anak berumur 7 hingga 12 tahun dan merupakan daya tarik utama bagi pengunjung anak-anak. Bagi pengunjung dewasa, taman ini dapat digunakan sebagai tempat santai menikmati udara terbuka yang sejuk dan nyaman sambil menghabiskan waktu sore bersama keluarga dan kerabat serta memancing di sungai Krueng Neng. Untuk yang hobi olah raga bola voli, tersedia lapangan olah raga berlantaikan semen yang luas di bagian belakang taman. Bagi yang mempunyai seni pertunjukan, tersedia area open stage theater ataupun lokasi panggung terbuka yang dapat dimanfaatkan untuk latihan atau lomba tari Aceh, panggung seni musik, seni teater, atau untuk acara pertemuan gampong.

Selain dari tiga daya tarik utama tersebut diatas, fasilitas gedung serba guna dapat dimanfaatkan pengunjung untuk lokasi belajar indoor ataupun sebagai lokasi untuk pertemuan warga masyarakat setempat, komunitas masyarakat, ataupun kegiatan-kegiatan sosial,  ruang pameran seni, ruang latihan kesenian pada saat hujan dan lain sebagainya. Fasilitas lainnya yang sering dimanfaatkan warga sekitar adalah mushalla yang berada di sisi barat taman atau berdekatan dengan ruang parkir kendaraan roda dua. Mushalla sering dijadikan sarana pengajian warga sekitarnya dan tentunya tempat beribadah. Dulunya, sebelum tsunami  melanda gampong disekitar taman, telah ada mushalla di lokasi yang sama dengan lokasi sekarang ini. Disebabkan tsunami, mushalla tersebut hancur sehingga mushalla dibangun kembali di lokasi sekarang ini dan difungsikan sebagai lokasi pengajian yang sama dan tempat ibadah.

Bagi pengunjung kaum muda, spot-spot menarik dari taman ini dapat dimanfaatkan untuk menyalurkan hobi berfoto atau video dimana tugu bertuliskan taman Krueng Neng sering menjadi pilihan spot bagi para pengunjung ini. Fasilitas lainnya yang dapat dimanfaatkan pengunjung adalah adanya trek refleksi. Jalur trek ini banyak dipercaya masyarakat sebagai sarana pengobatan alternatif untuk penyembuhan penyakit dalam tubuh manusia sedangkan pedestrian atau jogging track merupakan sarana atau fasilitas bagi pengunjung yang menyukai olah raga ringan yaitu jogging ataupun jalan santai keliling taman. Peta lokasi taman dapat dilihat di bawah ini.