Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

gambar gambar 2 gambar 3

TAMAN KENCANA 2


TAMAN KENCANA 2

LOKASI TAMAN

Taman ini masih terletak di Gampong Lamgogop, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. Lokasi ini tak jauh dari dari bundaran Pena, Simpang Mesra, Banda Aceh ke arah jembatan Krueng Cut dengan titik koordinat satelit: 5.5817, 95.3535. Lokasi pintu masuk taman hanya satu, dan berukuran kecil sehingga pengunjung satu per satu masuk ke taman ini. Taman yang diapit oleh Krueng Aceh dan jalan Laksamana Malahayati, kini dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh (DLHK3).

JAM KUNJUNGAN

Taman ini tetap buka mulai dari pagi jam 8.00 WIB hingga sore jam 18.00 WIB setiap hari secara gratis.

TAMAN KENCANA 2

Taman ini dinamai taman kencana 2, karena merupakan kelanjutan dari taman kencana 1 yang berada disebelah taman ini. Taman Kencana 2 selesai dibangun pada September 2018 dengan dana bantuan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Taman ini didominasi oleh pohon tanjung (pohon kupula) serta dilengkapi beberapa tanaman hias serta beberapa fasilitas yang tersedia.

AREA RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) YANG TERSEDIA

Ruang terbuka hijau (RTH) taman kencana 2 adalah ruang terbuka dengan luas area 0,2 ha. Dengan luas tersebut diharapkan Pemerintah Kota Banda Aceh dapat memenuhi syarat minimal 30% lahan RTH dari total luas kota keseluruhan dan dapat menjalankan Undang-undang No.26/2007 tentang perencanaan tata ruang berkaitan ruang terbuka hijau (RTH). Daya tarik taman ini adalah keteduhan yang ditimbulkan dari pepohonan yang tumbuh di taman ini sehingga pengunjung mendapatkan kenyamanan selama  berada di taman kencana 2 ini. 

FASILITAS RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) TAMAN KENCANA 2

Beberapa fasilitas yang tersedia di taman kencana 2 adalah:

  1. Lampu taman
  2. Mushalla
  3. Papan informasi/Nama Taman
  4. Parkir sepeda motor
  5. Pedestrian paving block
  6. Sumur
  7. Tempat air mancur

POHON DAN TANAMAN RTH KENCANA 2

Adapun pohon (pohon peneduh dan tanaman hias) yang ada di taman ini bertujuan untuk mendapatkan keindahan dan keteduhan dari taman kencana 2 ini. Pepohonan tersebut yaitu:

Pohon peneduh:

  1. Angsana
  2. Asam jawa
  3. Bambu hijau
  4. Beringin
  5. Cemara laut
  6. Ketapang
  7. Tanjung
  8. Mahoni
  9. Trembesi

Tanaman hias:

  1. Asoka
  2. Bougenville
  3. Cemara buaya
  4. Kamboja
  5. Tababeya
  6. Teh tehan

Pohon lainnya:

  1. Pohon kari

PEMANFAATAN RTH KENCANA 2

Taman kencana yang tidak begitu luas ini, didatangi pengunjung sebagai tempat bersantai terutama di waktu sore dan tempat singgah terutama di pagi hari bagi pengunjung dari arah jembatan Krueng Cut menuju kota Banda Aceh. Fasilitas mushalla yang tersedia dengan sumurnya, sering dimanfaatkan pengunjung untuk beribadah di siang hari dan sore hari. Daya tarik taman berupa suasana yang teduh dan nyaman dimanfaatkan pengunjung di waktu sore, terutama pengunjung yang berasal sekitar taman ini. Bagi pengunjung yang datang bersama anak-anak, taman ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat bermain bagi anak-anak dan ditemani orang tuanya. Kemudian, adanya pedestrian atau jogging track dapat pula dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berolahraga ringan sambil berlari-lari kecil mengeliling taman. Bagi pengunjung usia muda, spot berfoto dan pembuatan video terdapat disini pada sudut-sudut spot taman yang menarik. Lalu, kolam ikan berbentuk bulat yang terletak agak ke belakang taman adalah daya tarik tersendiri bagi pengunjung usia anak-anak dan remaja. Taman yang dulunya kosong dan bersemak-semak, kini telah berubah menjadi taman yang indah, teduh dan rindang. Para pengunjung diharapkan menjaga kebersihan taman ini sehingga tetap nyaman dinikmati oleh pengunjung lainnya di masa mendatang. Situasi taman kencana 2 dapat dilihat pada peta taman di bawah ini.