Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

gambar gambar 2 gambar 3

TAMAN KENCANA 1


TAMAN KENCANA 1

LOKASI TAMAN

Taman ini terletak dalam kawasan Gampong Lamgugop, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. Lokasi ini cuma beberapa menit dari bundaran Pena, Simpang Mesra, Banda Aceh. Taman ini berada berdekatan dengan jembatan Krueng Cut. Lokasi pintu masuk taman hanya satu, dan ruang parkir kendaraan bermotor berada di luar pagar taman.  Taman ini terletak pada titik koordinat satelit: 5.5837, 95.3526 dan dikelola oleh Pemerintah Kota Banda Aceh dibawah Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh (DLHK3) yang dibangun pada tahun 2018.

JAM KUNJUNGAN

Taman ini tetap buka mulai dari pagi jam 8.00 WIB hingga sore jam 18.00 WIB setiap hari secara gratis.

TAMAN KENCANA 1

Taman dinamai taman kencana, karena taman ini didominasi oleh pohon  ketapang kencana sehingga disebut taman kencana. Sesuai arahan dari Kepala Dinas DLHK3 terdahulu, mengingat nama ketapang kencana dianggap terlalu panjang, maka disingkat menjadi taman kencana saja. Selain itu, taman ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas dan berbagai pepohonan taman (pohon peneduh dan tanaman hias). Taman kencana 1 dinamai demikian karena ada satu taman lagi dengan nama taman kencana 2 yang berlokasi saling berdekatan.

AREA RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) YANG TERSEDIA 

Dalam upaya Pemerintah Kota Banda Aceh melaksanakan Undang-undang No. 26/2007 tentang perencanaan tata ruang berkaitan dengan ruang terbuka hijau (RTH), Pemerintah Kota Banda Aceh membangun taman kencana ini dengan tujuan memenuhi persyaratan minimal 30% lahan RTH dari total luas suatu perkotaan. Dengan luas taman 0,5 ha, beserta luas taman-taman kota lainnya, diharapkan persyaratan tersebut dapat terpenuhi. Daya tarik dari taman ini adalah adanya ruang bermain anak yang dilengkapi dengan alat-alat bermain anak seperti tangga gantung, peluncuran dan ayunan. Sedangkan, daya tarik lainnya adalah ruang bulat tempat berkumpul/assembly point serta trek refleksi. Taman ini dipisahkan atau terbagi dua oleh jalan lingkar dari arah bawah jembatan Krueng Cut menuju pusat kota.

FASILITAS RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) TAMAN KENCANA 1

Demi mendapatkan kenyamanan bagi pengunjung, beberapa fasilitas dibangun di taman kencana 1 ini yaitu:

  1. Alat bermain
  2. Bangku taman
  3. Lampu
  4. Lampu sorot
  5. Ornamen tiang
  6. Papan informasi
  7. Pedestrian
  8. Pompa air
  1. Ramp (jalan miring bagi pemakai kursi roda)
  2. Ruang parkir
  3. Saluran drainase
  4. Toilet
  5. Tong sampah
  6. Trek refleksi
  7. Assembly point/ruang berkumpul/ruang bulat

POHON DAN TANAMAN HIAS RTH KENCANA 1

Keindahan taman tak lepas dari adanya pepohonan yang tumbuh dalam suatu taman, demikian pula dengan taman kencana ini. Pepohonan yang tumbuh disini yaitu:

Pohon peneduh:

  1. Bambu hijau
  2. Bambu kuning
  3. Cemara laut
  4. Flamboyan
  5. Tanjung
  6. Trembesi

Tanaman hias:

  1. Bougenville
  2. Beringin putih
  3. Glondokan tiang
  4. Ketapang kencana
  5. Merak kuning
  6. Merak merah
  7. Palem raja
  8. Pandan bali
  9. Pucuk merah
  10. Teh tehan hijau
  11. Teh tehan kuning

Pohon lainnya:

  1. Pohon jarak
  2. Sawit

PEMANFAATAN RTH KENCANA 1

Dengan adanya daya tarik taman ini yaitu ruang bermain anak, pengunjung anak-anak adalah pengunjung terbanyak yang datang dan memanfaatkan taman ini di waktu sore dan di hari libur. Pengunjung dewasa yaitu orang tua dari anak-anak tersebut menemani anak-anaknya bermain disini. Daya tarik taman berupa trek refleksi dapat dimanfaatkan oleh pengunjung yang memilih untuk mencoba pengobatan alternatif dengan cara berjalan-jalan di atas bebatuan putih pada trek refleksi. Dengan demikian, diharapkan pengunjung mendapatkan kesembuhan penyakit dalam tubuhnya. Ruang bulat atau assembly point adalah plaza bagi semua pengunjung untuk bersantai dan titik kumpul bagi pengunjung di taman ini. Disamping itu, taman ini juga tempat singgah bagi siapapun terutama pengunjung dari arah jembatan Krueng Cut sebelum melanjutkan perjalanan mereka ke kota Banda Aceh.  Bagi pengunjung yang menyukai hobi berfoto dan pembuatan video, lokasi taman ini cocok dijadikan spot berfoto yang menarik, terutama bagi kawula muda.  Untuk mengetahui situasi dari taman kencana, dapat melihat peta di bawah ini.