Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Tanaman Hias Pisang Kipas

Gambar Pisang Kipas Tanaman Hias Pisang Kipas

Taksonomi

Divisi dari tanaman ini adalah Magnoliophyta, yang menunjukkan kalau pohon ini adalah pohon yang menghasilkan bunga. Pohon ini memiliki ordo Zingiberales, yang berarti bunganya memiliki biji tunggal atau monokotil. 

Strelitziacea adalah famili dari tanaman ini, sedangkan genusnya adalah Ravenala. Nama latin dari pohon pisang adalah ravenala madagascariensis Sonn. Di Indonesia, pohon ini juga dikenal sebagai palem kipas karena bentuknya yang mirip seperti pohon palem. 

Sumber: ciriciripohon.com

 

Deskripsi

Pohon pisang kipas memiliki bentuk daun yang tidak jauh berbeda dengan jenis lainnya, yaitu panjang dan lebar dengan bentuk yang seperti cangkir besar. Panjang daun pisang yang satu ini bisa mencapai 5 meter. Dengan ukuran sebesar itu, anda bisa menggunakan daun ini sebagai payung. 

Daun pisang ini biasanya terlihat sobek karena tidak kuat menahan hembusan angin yang sangat kuat. Wajar saja angin berhembus sangat kuat karena tinggi batang pohonnya bisa mencapai 8 meter atau lebih dari 26 kaki. Tinggi pohon pisang kipas termasuk tinggi dibandingkan pohon sejenisnya.

Pohon ini tetap berbuah, meski sangat jarang. Buah pisang dari pohon ini juga tidak terlalu mencolok sehingga tidak menarik perhatian dari makhluk lain. Buah yang dihasilkan pohon ini hanya berukuran 1 inci. Warna buah pisang ini cokelat. 

Sumber: ciriciripohon.com

Penyebaran

Banyak orang yang percaya kalau pohon pisang berasal dari Indonesia karena ada beberapa nama pisang yang sangat identik dengan daerah di Indonesia, seperti pisang ambon. 

Pohon pisang kipas sendiri berasal dari Madagascar, sesuai dengan nama latinnya. Madagascar bahkan sangat identik dengan pohon yang satu ini karena ada beberapa logo perusahaan penerbangan yang menggunakan pohon ini. Pada abad ke 19, pohon ini mulai dibudidayakan ke seluruh negara, termasuk Indonesia. 

Sumber: ciriciripohon.com