Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Tanaman Hias Pandan

Gambar Pandan Tanaman Hias Pandan

Taksonomi

Nama lain tanaman ini adalah pandan wangi. 

Klasifikasi tanaman ini adalah famili pandanaceae, genus pandanus, spesies Pandanus amaryllifolius. 

Sumber: wikipedia.org

Indonesian: pandan wangi, daun pandan. Vietnamese: dãºa thom. Malay: pandan rampeh. Tagalog: pandan, pandan mabango. Thai: cã¢y cãµm n:p, bai toey, bai toey hom. Chinese: b:n lã¡n (mandarin). jepang: nioi tako no ki. English: fragrant pandan.

Sumber: plantamor.com

 

Deskripsi

Tanaman daun pandan merupakan tanaman yang berupa perdu yang rendah dan tingginya hanya sekitar 2 meter. Batang tanaman ini menjalar, berbentuk bulat dengan memiliki bekas duduk daun. Tanaman ini juga bercabang dan pada bagian pangkal batang nantinya akan muncul berupa akar.

Tetapi, teradang untuk akar keluar dari bagian batang yang terlihat lebih tinggi, bahkan dari berbagai cabangnya. Akar dari tanaman pandan ini besar dan memiliki akar tunggang yang bisa menopang tanaman bila nanti sudah cukup besar.

Daun tanaman ini memanjang seperti halnya daun tanaman palem dan terlihat tersusun secara roset yang rapat. Daun pandan ini merupakan daun tunggal, duduk seperti memeluk batang, bentuknya yang sempit serta memanjang.

Daunnya seperti pita, pada ujungnya meruncing dengan bagia tepi berduri kecil-kecil tajam. Terkadang duri-duri tersebut terdapat pada bagian sisi punggung ibu tulangnya. Daunnya terlihat tersusun dalam sebuah garis spiral yang biasanya ada berjumlah 3.

Tulang daun untuk pandan ini sejajar, panjang daun kira-kira swkitar 40 – 80 cm dengan lebar sekitar 3 – 5 cm dan mempunyai warna hijau kekuningan.

Bagian tepi daun pandan ini merata, tetapi ada juga beberapa varietas yang mempunyau bagian tepi daun yang bergerigi. Jika Anda remas maka daun ini beraroma sangat wangi.

Bunga tanaman daun pandan merupakan bunga majemuk, terlihat berbentuk bongkol, dan mempunyai warna putih. Bunga pandan ini diketahui berkelamin tunggal dan biasanya terletak di bagian ujung batang ataupun dalam ketiak berbagai daun pelindung yang ukurannya besar dan sering kali juga berwarna.

Bunga jantan memiliki ataupun tidak putik yang rudimenter, memiliki banyak sekali benang sari yang terdapat di sumbu bunga pendek ataupun panjang.

Tangkai sari bebas terlihat berlekatan, kepala sari terlihat tegak terdiri atas 2 ruang sari dan bunga betina tanpa memiliki benang sari, mandul atau jikapun ada pasti akan berukuran kecil dengan posisi yang terlihat hipogin.

Buah daun pandan ini merupakan buah batu yang terlihat menggantung, berbentuk seperti bola dengan diameter sekitar 4 – 7,5 cm.

Dinding buah terlihat berambut dan mempunyai warna jingga. Bakal buah daun pandan ini menumpang, beruang satu, bebas ataupun berlekatan langsung dengan bakal buah yang ada di dekatnya.

Membentuk berbagai kelompok bakal buah dengan kondisi kepala putik yang telah menjadi satu. Biji daun pandan ini kecil, mempunyai sebuah endosperm berdaging dan juga lembaga yang kecil.

Sumber: agrotek.id

Penyebaran