Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Tanaman Hias Melati Aceh

Gambar Melati Aceh Tanaman Hias Melati Aceh

Taksonomi

Di Indonesia nama melati dikenal oleh masyarakat di seluruh wilayah Nusantara. Nama-nama daerah untuk melati adalah Menuh (Bali), Meulu atau Riwat (Aceh). Menyuru  (Pulau Banda). Melur (Gayo dan batak Karo) Manduru (Menado). Mundu (Bima dan Sumbawa). dan Manyora  (Timor). Melati SalamMalete (Madura) serta Beruq-beruq (Mandar). 

Sumber: wikipedia.org

Bunga melati putih adalah Puspa Nasional Indonesia dan warnanya yang putih merupakan lambang kesucian. Bunga dengan nama latin Jasminum sambac atau sinonim Nyctanthes sambac ini memiliki aroma khas dengan wangi lembut. Bentuk mahkotanya sangat sederhana dan dapat tumbuh di berbagai wilayah di Indonesia, tidak heran jika bunga melati menjadi Puspa Bangsa Indonesia.

Kasifikasi bunga melati yaitu divisi Magnoliophyta, famili Oleaceae, genus Jasminum dan spesies J. sambac. 

Sumber: rimbakita.com

 

 

 

 

Deskripsi

Melati dapat digolongkan sebagai semak, bisa juga agak merambat. Melati merambat dengan "berantakan" (terjurai), atau "longgar" ketika masih muda. Batangnya bulat berkayu dengan tinggi 0,3-3 meter. Ia memiliki batang yang bercabang, dan berwarna coklat. Daun melati putih berjenis tunggal, tangkai daun pendek, dengan ukuran sekitar 5 mm, dengan letak yang berhadapan. Helaian daunnya berbentuk bulat telur, hingga menjorong, ujungnya runcing, pangkalnya membulat, tepinya rata, tulang daunnya menyirip, dengan ukuran 5-10 cm× 4–6 cm. Perbungaannya termasuk majemuk, tumbuh di ketiak daun, terbatas dengan jumlah 3 bunga atau sebuah tandan padat dengan banyak bunga. Bunganya tunggal atau berpasangan (di varietas kultivasi), dengan 7-10 ruas kelopak, panjang 2,5–7 mm, berbulu halus, panjang tabung mahkota 7–15 mm, sebanyak 5 cuping, bundar telur atau lonjong, panjang 8–15 mm, kebanyakan putih, beraroma kuat. Mahkota bunganya berbentuk lembaran mengerut, seperti  terompet, yang berwarna putih, dan berbau wangi. Buahnya termasuk buah buni mengkilap, dan berwarna hitam, dan dikelilingi kelopak. Beberapa varietas melati berbunga ganda dikenal tidak menghasilkan buah.

Akarnya termasuk tunggang, sulit untuk dipatahkan, -kalaupun dipatahkan-, bekasnya tidak rata, dan juga tidak berserat. Akarnya berbuku-buku/membesar.

Sumber: wikipedia.org

 

Penyebaran

Tanaman melati berasal dari Asia Selatan (di India, Myammar, dan Srilanka). Penyebaranya dimulai dari wilayah Hindustan, Indocina. hingga Asia Tenggara. Bunga ini menjadi bunga nasional di Indonesia dan negara Filipina.

Sumber: wikipedia.org