Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Tanaman Hias Lampion

Gambar Lampion Tanaman Hias Lampion

Taksonomi

Klasifikasi tanaman ini adalah famili onagraceae, genus fuchsia. 

Sumber: wikipedia.org

 

Deskripsi

Daun Fuchsia berseberangan atau dalam lingkaran berisi 3-5 lembar daun, lanset sederhana, memiliki margin bergerigi, panjang 1-25 cm, dan dapat berupa daun gugur atau selalu hijau (evergreen), tergantung spesiesnya.

Bunga Fuchsia sangat indah dan dekoratif; mereka memiliki bentuk seperti tetesan air terjumbai dan muncul sepanjang musim panas dan musim gugur, atau sepanjang tahun pada Fuchsia spesies tropis.

Fuchsia memiliki sepal berwarna merah terang dan ungu yang membuatnya mencotok bagi hewan penyerbuk bunga. Akan tetapi, warna bunga Fuchsia dapat bervariasi tiap spesiesnya, mulai dari putih, merah tua, ungu, biru, oranye, dan kuning.

Buah Fuchsia berbentuk agak bulat dan kecil (5-25 mm), berwarna hijau kemerahan, merah tua, atau ungu tua, berisi banyak biji yang sangat kecil.

Kebanyakan pohon Fuchsia hanya memiliki ketinggian maksimal 4 meter, tetapi satu spesies di Selandia Baru, Fuchsia excorticata, dapat menjadi pohon besar hingga mencapai 15 meter.

Sumber: ciriciripohon.com

Penyebaran

Pohon Fuchsia adalah genus tanaman berbunga yang sebagian besar terdiri dari semak atau pohon kecil. Yang pertama, Fuchsia triphylla, ditemukan di pulau Karibia Hispaniola (Haiti dan Republik Dominika) sekitar tahun 1696-1697 oleh biksu dan ahli botani, Charles Plumier.

Selama ekspedisi ke Greater Antilles, Plumier menamai genus baru ini dari nama ahli botani Jerman, Leonhart Fuchs (1501-1566).

Saat ini ada sekitar 110 spesies Fuchsia yang telah diakui, sebagian besar berasal dari Amerika Selatan, Selandia Baru, dan Tahiti. Satu spesies, Fuchsia magellanica, menyebar lebih luas sampai ujung selatan Amerika Selatan, tepatnya hingga Tierra del Fuego di zona beriklim sejuk.

Sumber: ciriciripohon.com