Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Tanaman Hias Kembang Sepatu

Gambar Kembang Sepatu Tanaman Hias Kembang Sepatu

Taksonomi

klasifikasi ilmiah (binomial) tanaman kembang sepatu yaitu famili Malvaceae, genus Hibiscus, spesiesnya H. rosa-sinensis. 

Sumber: rimbakita.com

 

 

Deskripsi

Kembang sepatu ini berwarna merah muda atau ungu muda dan cenderung sangat pucat, sehingga hampir seperti warna putih jika dilihat dari kejauhan. Jenis kembang sepatu ini memiliki sedikit warna merah di bagian tengahnya. Sebarannya meliputi daerah Natal, Afrika Selatan, akan tetapi dibeberapa tempat juga tumbuh di Indonesia.

Sumber: rimbakita.com

 

Penyebaran

Bunga Kembang Sepatu dengan nama latin Hibiscus rosa sebenarnya adalah jenis tumbuhan semak. Flora ini berasal dari kawasan Asia Timur, kemudian tersebar dan tumbuh di daerah iklim tropis dan sub tropis.

Sumber: rimbakita.com

Bunga jenis ini terdiri dari 5 helai daun kelopak, yang dilindungi oleh kelopak tambahan (epicalyx), sehingga terlihat seperti dua lapis kelopak bunga. Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar atau lebih jika merupakan hibrida. tangkai putik berbentuk silinder panjang dikelilingi tangkai sari berbentuk oval yang bertaburan serbuk sari. Biji terdapat di dalam buah berbentuk kapsul berbilik lima.

Pada umumnya tinggi tanaman sekitar 2 sampai 5 meter. Daun berbentuk bulat telur yang lebar atau bulat telur yang sempit dengan ujung daun yang meruncing. Di daerah tropis atau di rumah kaca tanaman berbunga sepanjang tahun, sedangkan di daerah subtropis berbunga mulai dari musim panas hingga musim gugur. 

Bunga berbentuk trompet dengan diameter bunga sekitar 6 cm hingga 20 cm. Putik (pistillum) menjulur ke luar dari dasar bunga. Bunga bisa mekar menghadap ke atas, ke bawah, atau menghadap ke samping. Pada umumnya, tanaman bersifat steril dan tidak menghasilkan buah. Tanaman berkembang biak dengan cara stek, pencangkokan dan penempelan.

Sumber: wikipedia.org