Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Tanaman Hias Dadap Merah

Gambar Dadap Merah Tanaman Hias Dadap Merah

Taksonomi

Dadap atau cangkring adalah sejenis pohon anggota suku Fabaceae (=Leguminosae). Tanaman yang kerap digunakan sebagai pagar hidup dan peneduh ini memiliki banyak sebutan yang lain. Di antaranya dadap ayam, dadap laut (Jawa.; dadap blendung (Sunda.); theutheuk (Madura); dalungdung (Bali); deris (Timor); galala itam (Maluku) dan lain-lain.

Sumber: wikipedia.org

Pohon dadap memiliki banyak nama sinonim di berbagai negara, diantaranya Tiger's claw, Indian coral tree, dan Sunshine tree. Di Indonesia itu disebut Dadap laut, Deris, Dalungdung, dan Galala itam. Sedangkan nama latin sinonimnya termasuk Erythrina indica dan E. variegata var orientalis.

Sumber: ciriciripohon.com

Deskripsi

Daun dadap besar, majemuk, beranak daun tiga, menyirip, setiap helainya berbentuk bulat atau oval, dan memiliki panjang x lebar sekitar 20 cm.

Bunganya tersusun dalam tandan, berbentuk kerucut kira-kira 6 × 8 cm, berwarna merah jingga hingga merah gelap, tumbuh di ujung ranting.

Buah dadap tebal dan berwarna gelap (coklat, merah atau ungu kehitaman), berbentuk panjang sekitar 15-20 cm, lebar 1-2 cm, dan berisi 5-10 butir biji.

Pohon dadap berukuran sedang dan sedikit berduri, ia dapat tumbuh setinggi 20-25 meter dan diameter batang 80-100 cm. Penyebarannnya secara alami di tepi-tepi pantai dan daerah di sekitarnya, terutama di dekat muara, sungai atau rawa-rawa.

Pohon dadap tumbuh baik di daerah lembap dan setengah kering, dengan curah hujan 800-1500 mm pertahun dan 5-6 bulan basah (hujan konsisten). Pohonnya sering dijumpai mulai dari wilayah pesisir hingga dataran tinggi sekitar 1.300 m dpl. Meskipun mampu hidup pada berbagai jenis tanah, dadap lebih menyukai tanah yang dalam, sedikit berpasir, dan berdrainase baik

Sumber: ciriciripohon.com

Penyebaran

Dadap (Erythrina variegata) adalah spesies pohon dari genus Erythrina yang berasal dari daerah tropis dan subtropis di Afrika timur, anak benua India, Australia utara, Pulau-pulau di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik barat bagian timur hingga Fiji.

Sumber: ciriciripohon.com