Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Tanaman Hias Cempaka Kuning

Gambar Cempaka Kuning Tanaman Hias Cempaka Kuning

Taksonomi

Tanaman cempaka wangi mempunyai nama binomial Magnolia champaca. Dalam bahasa Indonesia, kata cempaka merupakan pinjaman dari bahasa Sansekerta.

Selain tumbuh di Indonesia dan negara Asia Tenggara lain, bunga ini juga dapat kita temukan di India. Dalam bahasa India, namanya pun hampir sama, yaitu disebut dengan istilah champac, sampangi, atau sonchaaphaa.

Nama lengkap bunga ini sebenarnya ialah Cempaka Wangi, namun lebih populer dan sering disebut sebagai bunga cempaka. Bunga cempaka dianggap sebagai salah satu flora khas Aceh (bungong jeumpa gadeng). 

Sumber: rimbakita.com

 

Deskripsi

Biasanya tanaman ini bisa kita di kawasan dengan ketinggian 25 meter. Daun pohon cempaka kuning berbentuk oval seperti bulat telur, berwarna hijau cerah, serta ujung daunnya berbentuk runcing.

Sumber: rimbakita.com

 

 

Penyebaran

Tanaman yang hampir setiap bagiannya dapat dimanfaatkan ini tumbuh di beberapa kawasan di Indonesia, misalnya di pulau Sumatra, Sulawesi, Maluku, dan Jawa. Secara lebih luas tumbuhan bunga ini tersebar mulai dari India, Indo Cina dan Semenanjung Malaya, terutama di daerah hutan dengan kondisi tanah subur pada ketinggian 1600 mdpl.

Sumber: rimbakita.com