Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Tanaman Hias Bougenville

Gambar Bougenville Tanaman Hias Bougenville

Taksonomi

Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah tanaman bunga bougenville yaitu devisi Tracheophyta, ordo Caryophyllales, famili Nyctaginaceae, genus Bougainvillea. 

Sumber: rimbakita.com

Ada 4 warna bunga ini yang terdapat di taman kota Tibang Banda Aceh yaitu kuning, merah dan ungu, ungu muda. 

 

 

 

Deskripsi

Tanaman bougenville dapat tumbuh mencapai ketinggian 5 hingga 15 meter, terutama jika ditanam di daerah khatulistiwa dengan wilayah beriklim tropis. Namun demikian, tanaman ini sulit untuk tumbuh secara tegak dan cenderung menjalar.

Batang tanaman bougenville berstruktur keras dan memiliki banyak percabangan. Tanaman bougenvill juga ditumbuhi duri tajam pada area batangnya, oleh sebab itu kita harus berhati-hati saat memegang bagian batangnya.

Bunga bougenville berukuran kecil dan bentuknya menyerupai terompet. Terdiri dari 3 kelopak dan dilapisi dengan seludang bunga.  

Bagian bunganya dikelilingi oleh seludang bunga yang membuat bunga ini tampak semakin indah. Banyak yang mengira seludang bunga adalah kelopak bunga bougenville, tetapi sebenarnya seludang bunga adalah daun yang berukuran agak besar dan berfungsi untuk melindungi bunga.

Warna seludang bunga pada tanaman bougenville beragam, yaitu berwarna merah, kuning, jingga, putih, dan ungu.

Bunga bougenville juga disebut sebagai bunga kertas karena tekstur seludang bunganya yang sangat tipis. Teksturnya hampir menyerupai kertas.

Daun tanaman bougenville berukuran leba dengan bentuk bulat telur, namun ada juga yang berbentuk elips atau bujur tirus. Bagian ujungnya meruncing. Daun bougenville merupakan jenis daun tunggal, panjangnya dapat mencapai 4 sampai 10 cm, sedangkan lebarnya kira-kira 2 sampai 6 cm.

Daun tanaman ini dapat tumbuh dengan sangat rimbun. Oleh karena itu, tanaman bougenville sering dijadikan rimbunan pokok untuk pekarangan rumah. Selain itu, bisa juga dijadikan tumbuhan pagar, agar pagar tampak lebih menarik dan indah dipandang.

Tanaman bougenville akan merontokkan beberapa daunnya saat bunganya mekar. Namun daun yang rontok tersebut tidak terlalu banyak dan tidak sampai habis.

Tumbuhan bougenville yang hidup di alam liar mampu tumbuh hingga 5 sampai 10 meter, sedangkan jika dijadikan tanaman hias umumnya pertumbuhannya tidak begitu maksimal. Biasanya tanaman ini dibiarkan tumbuh setinggi 1 meter.

Selain itu menjadi tanaman hias, bunga bougenville juga dapat digunakan sebagai bahan bonsai. Bonsai ougenville berukuran mungil dengan bunga yang tumbuh sangat rimbun.

Sumber: rimbakita.com

 

Penyebaran

Bunga bougenville adalah tumbuhan yang berasal dari Amerika Selatan. Namun, bunga ini mulai dikenal luas sejak masa ekspansi kolonial bangsa Eropa.

Para pedagang asal Eropa membawa tumbuha bougenville ke beberapa negara, seperti India, Afrika, Karibia, dan beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Di negara-negara jajahan kolonial ini, bunga bougenville tumbuh dengan baik dan tersebar secara lebih luas.

Sumber: rimbakita.com