Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Tanaman Hias Biola Cantik

Gambar Biola Cantik Tanaman Hias Biola Cantik

Taksonomi

Klasifikasi tanaman ini adalah dari famili moraceae, genus ficus dan nama spesiesnya ficus pandurata. 

Sumber: wikipedia.org

Tanaman hias biola cantik, nama lainnya adalah ketapang biola. 

 

Deskripsi

Seperti yang telah ditulis di atas, tinggi pohon ketapang biola bisa dikontrol. Namun untuk tinggi aslinya, telah diteliti bahwa jenis ketapang ini bisa tumbuh 12 sampai 15 meter. Apa yang membuat ketapang jenis ini bisa dikontrol adalah apabila Anda menanamnya di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan.

Salah satu ciri khas dari ketapang biola adalah daunnya. Daun jenis ketapang ini melebar dan inilah salah satu yang menjadi daya tariknya. Lebar dari daun ketapang biola bisa mencapai 15 sampai 30 sentimeter, sedangkan untuk panjangnya mulai dari 25 sampai 45 sentimeter.

Warna dari daun adalah hijau tua dan pekat. Sedangkan apabila diraba maka akan terasa kasar. Alasannya adalah vena dari daun ketapang jenis ini berbeda dengan vena pada daun ketapang jenis lainnya. Vena pada daun ketapang biola sifatnya menonjol dan bergelombang.

Sumber: ciriciripohon.com

Penyebaran

Satu hal lain yang mungkin akan membuat Anda heran adalah asal dari ketapang ini. kebanyakan jenis ketapang berasal asli dari Asia Tenggara, namun tidak untuk jenis biola ini. Sebab diketahui ketapang jenis ini berasal dari Afrika Barat.

Sumber: ciriciripohon.com