Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Tanaman Hias Bambu Kuning

Gambar Bambu Kuning Tanaman Hias Bambu Kuning

Taksonomi

Klasifikasi ilmiah tanaman bambu adalah kelas Magnoliopsida, famili Poaceae, 

Sumber: rimbakita.com

 

Deskripsi

Batang-batang bambu ini muncul dari akar-akar rimpang, ketika sudah tua maka batang bambu ini mengeras dan biasanya akan berongga.

Batang tanaman bambu ini memiliki bentuk yang silinder memanjang serta terbagi dalam beberapa ruas. Tinggi dari tanaman bambu ini sekitar 0.3 meter sampai 30 meter, dan memiliki diameter batangnya kira-kira sekitar 0.25 sampai 25 cm dengan ketebalan dinding sampai sekitar 25 mm.

Batang dari bambu ini diselimuti oleh beberapa daun yang disebut dengan pelepah batang serta biasanya akan gugur ketika sudah terlihat tua.

Pada bagian ujung dari pelepah batang, terdapat sebuah perpanjangan tambahan yang terlihat berbentuk segitiga serta disebut subang

Daun tanaman bambu in yaitu daun lengkap karena mempunyai beberapa bagian seperti pelepah daun, tangkai daun serta helaian daun.

Bangun daun tanaman ini berbentuk lanset, ujung pada daunnya meruncing, pangkal daun terlihat tumpul, tepi daun merata, serta daging daun terlihat seperti kertas.

Pertulangan tanaman daun bambu ini sejajar, yaitu mempunyai satu tulang yang ada di tengah yang besar sedangkan beberapa tulang lainnya lebih kecil serta tampak sejajar dengan sebuah ibu tulang daun. Permukaan dari daun bagian atas terlihat berbulu, sedangkan pada permukaan daun pada bagian bawah berbulu kasar.

Bagian atas dari daun mempunyai warna hijau cerah sedangkan untuk permukaan bagian bawahnya mempunyai warna hijau gelap.

Sumber: agrotek.id

 

Penyebaran

Bambu kuning sudah cukup terkenal di kalangan pecinta bambu hias. Bambu yang asalnya dari Cina dan Jepang ini memiliki tekstur yang lembut, ramping, serta lurus.

Sumber: rimbakita.com