Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Burung Kuntul Kecil

Gambar Kuntul Kecil Burung Kuntul Kecil

Taksonomi

Kuntul kecil (Egretta garzetta) adalah sejenis burung dari suku Ardeidae (kerabat cangak). Disebut Little Egret dalam bahasa Inggris, burung ini mempunyai ‘kembarannya’ di dunia baru yakni kuntul salju atau Snowy Egret (Egretta thula) dari Karibia. 

Sumber: wikipedia.org

 

Deskripsi

Burung kuntul ini agak besar dan ramping, berukuran lebih besar daripada ‎kuntul kerbau dan lebih kecil dari kuntul perak, yaitu antara 55-65 cm dan memiliki panjang bentangan sayap 88–106 cm. Pada musim kawin, burung ini mempunyai dua bulu hias putih yang tipis memanjang pada tengkuknya dan lebih banyak bulu pada dada dan punggungnya yang menjuntai melebihi ekor.

Paruh selalu berwarna hitam keabu-abuan, membedakannya dengan jenis-jenis kuntul yang lain. Tungkai dan kaki berwarna hitam seluruhnya; ras migran dari Asia berjari kuning. Kulit wajah kuning kehijauan, dan kemerah-merahan di musim berbiak.

Penyebaran

Penyebaran alami kuntul kecil mencakup wilayah luas di Afrika, Eropa,Asia, dan Australasia. Di Indonesia, burung ini ditemukan menetap di Jawa dan Bali  (ras berkaki hitam, nigripes), yang mengembara hingga ke Sumatera dan Kalimantan. Di kedua pulau itu, di waktu-waktu tertentu juga ditemukan ras pengunjung berkaki kuning dari Asia daratan. Di sebagian besar kawasan Wallacea,  terutama di wilayah-wilayah kepulauan, ditemukan ras nigripes; sedangkan ras garzetta berkaki kuning hanya tercatat sebagai pengunjung di Sulawesi Utara dan AMbon.  Sementara di Papua, ras pengunjung kemungkinan kebanyakan datang dari Australia. 

Kuntul kecil sekarang juga memperluas wilayah sebarannya ke Dunia Baru. Catatan kehadiran kuntul kecil di wilayah ini diawali pada April 1954 di Barbados dan pada 1994 burung ini terlihat mulai berbiak di pulau tersebut. Di berbagai derah mulai dari Suriname dan Brasil di selatan hingga Newfoundland dan Quebec di utara, kuntul kecil terlihat secara teratur dan semakin sering. Pada June 2011, seekor kuntul kecil teramati di Rawa Scarborough di Maine.