Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Burung Kareo Padi

Gambar Kareo Padi Burung Kareo Padi

Taksonomi

Kareo Padi (Amaurornis phoenicurus) adalah spesies burung yang masuk dalam famili rallidae.

Sumber: wikipedia.org

 

Deskripsi

Tinggi burung Kareo padi biasanya dapat mencapai 20 cm dengan panjang 15 cm. Bentuk tubuh burung kareo padi adalah ramping dengan ekor pendek sedang paruh serta kakinya mempunyai ukuran lumayan panjang. Kemudian, bulu-bulunya berwarna coklat keabu-abuan tua, tetapi muka, tenggorakan serta dadanya didominasi warna putih yang mencolok.

Ketika berjalan, ekornya biasa ditegakkan dan warna bagian bawah tubuhnya yang kadru bisa terlihat. Untuk burung dewasa memiliki warna hitam dan putih yang mencolok. Baik burung dewasa maupun muda, keduanya sama-sama mempunyai paruh yang berwarna kunig gading. Untuk ukuran kakinya, burung kareo padi bisa dibilang memiliki kaki yang cukup kurus dan tinggi daripada proposi tubuhnya dengan berselimut warna kuning. Hewan yang satu ini suka mengendap-ngendap dalam semak yang lembab dan dapat bertelur sepanjang tahun. 

Burung ini memiliki suara yang luar biasa, yakni bersuara uwok-uwok dan sangat ribut, beberapa ekor berdendang bersama berupa dengkuran, kuikan dan ketukan  yang berbunyi turr-kruwak atau per-per-a-wak-wak-wak, juga dengan suara lain yang berlangsung sampai lima belas menit pada siang dan malam hari. 

Penyebaran

Burung ini tersebar di India, Cina Selatan, Asia Tenggara, Filipina, Sulawesi, Sunda Besar dan Nusa Tenggara. Namun, burung ini juga bisa ditemukan di sepanjang pesisir Lumajang, Jawa Timur atau bisa juga di Banyumas, provinsi Jawa Tengah.