Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Burung Burung Gereja Erasia

Gambar Burung Gereja Erasia Burung Burung Gereja Erasia

Taksonomi

Burung-gereja erasia (Passer montanus) atau dalam bahasa Inggris dikenal juga sebagai Eurasian Tree Sparrow adalah spesies burung pengicau dalam famili Passeridae

Genus Passer adalah sekelompok burung pengicau kecil yang diyakini berasal dari Afrika, dan terdiri dari 15-25 spesies. Anggotanya biasa ditemukan di habitat terbuka dan berhutan lebat. Meskipun beberapa spesies, terutama burung-gereja rumah (P. domesticus), telah beradaptasi dengan habitat manusia.

Nama binomial Burung-gereja erasia berasal dari dua kata Latin: passer, "pipit", dan montanus, "pegunungan" (dari mons "gunung").

Sumber: wikipedia.org

 

Deskripsi

Panjang tubuh sekitar 14 cm. Pada jantan, bagian atas kepala berwarna merah bata, tenggorakan berwarna hitam dengan tepi leher berwarna putih. Bagian perut putih kebu-abuan. Pada betina mirip jantan, namun kesuluruhan warnanya sedikit pucat.

Burung ini memiliki ciri khas bahkan dalam genusnya karena tidak memiliki perbedaan bulu diantara kedua jenis kelamin; bahkan burung muda menyerupai burung dewasa, meski warnanya cenderung lebih kusam. Pola wajahnya yang kontras membuat spesies ini mudah dikenali dari bulunya; ukurannya yang lebih kecil dan berwarna coklat, bukan abu-abu, merupakan perbedaan tambahan dari burung jantan. Burung-gereja erasia dewasa dan remaja menjalani mabung total yang lambat pada musim gugur, dan menunjukkan peningkatan massa tubuh meskipun lemak yang tersimpan berkurang

Penyebaran

Tersebar luas di dunia mencakup benua Eropa, Asia hingga Australia. Termasuk jenis paling umum dan paling mudah ditemukan di kota-kota besar di Indonesia. Sangat mudah dijumpai di daerah perkotaan dan pedesaan, terutama di sekitar tempat permukiman manusia sampai ketinggian 1500 m dpl. Hidup berkelompok dalam jumlah kecil. Terbang rendah mencari makan di sela-sela rumput atau di sawah. Seringkali mengunjungi taman-taman, tempat wisata, pasar dan tempat pembuangan sampah untuk mencari sisa-sisa makanan.