Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Burung Bondol Haji

Gambar Bondol Haji Burung Bondol Haji

Taksonomi

Bondol haji (Lonchura maja), pipit haji, atau yang dalam bahasa Jawa   disebut emprit haji, adalah burung  yang termasuk dalam suku Estrildidae.

Burung ini dinamakan emprit haji karena bagian kepala hewan ini berwarna putih, yang seolah memakai peci putih yang dalam masyarakat Indonesia dipakai setelah pulang dari haji. 

Sumber: wikipedia.org

Deskripsi

Bertubuh kecil (11 cm), burung ini berwarna putih cokelat seperti finch.  Mirip dengan bondol oto hitam, namun pucat cokelat, sementara seluruh kepala dan tenggorokan putih. Burung muda berwarna cokelat pada bagian atas badannya, dengan tubuh bagian bawah dan wajah kuning tua. Iris berwarna cokelat; paruh abu-abu kebiruan; dan kaki biru pucat. Adapun suaranya bernada tinggi seperti seruling, berbunyi: "puip" bila mengelompok.

Sewaktu masih remaja, bagian belakang telinga bondol dan bagian bawah burung itu berwarna putih. Sementara itu, paruhnya berwarna biru abu-abu.

 

Penyebaran

Asal mula dan filogeni emprit haji diperoleh Antonio Arnaiz-Villena et al. Estrildinae mungkin berasal dari India dan setelah itu menyebar (menuju habitat  Afrika dan Sumadera Pasifik).  

Burung ini tersebar di Semanjung Malaya, Sumatera, Jawa, Bali dan Sulawesi, Thailand, dan Vietnam Selatan.  Diintroduksi di Jepang (Osaka dan Okinawa). 

Di Sumatera (termasuk pulau-pulau sekitarnya), Jawa dan Bali burung ini cukup umum dan tersebar luas sampai ketinggian 1.500 m dpl. Kebiasaan emprit ini sering mengunjungi rawa-rawa dan sawah, emprit ini suka memakan padi.