Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Burung Bentet Coklat

Gambar Bentet Coklat Burung Bentet Coklat

Taksonomi

Bentet Coklat Lanius cristatus merupakan salah satu jenis burung kicau berukuran sedang dari keluarga Laniidae dan Genus Lanius.

Sumber: wikipedia.org

 

Deskripsi

Bentet coklat termasuk jenis burung berukuran sedang dengan panjan tubuh sekitar 17 sampai 20 cm dengan berat tubuh 27 sampai 34 g untuk kelamin jantan, sedangkan kelamin betina sekitar 28 sampai 37 gram. Burung bentet ini berwarna coklat dengan mahkota dan tubuh bagian atas coklat. Dibagian dahi dan alis berwarna putih, setrip mata hitam lebar. Tubuh bagian bawah berwarna putih kuning tua. Pada burung bentet cokelat muda / remaja, bulu-bulunya masih memiliki pola seperti sisik ikan, yang terlihat berbeda dari warna dasarnya. Ini terlihat baik pada tubuh bagian bawah maupun atas. Makin bertambah umur, pola-pola seperti sisik ini akan menghilang menjadi bulu dewasa. Iris coklat; paruh hitam; kaki abu-abu kehitaman. Khusus untuk anakan, warna tubuh bagian terlihat cokelat-kehitaman

 

Penyebaran

Burung Bentet coklat adalah burung migran dari kawasan Siberia, Mongolia, dan Asia Timur seperti Cina dan Jepang. Mereka biasanya mampir ke Indonesia menjelang musim dingin atau sekitar Agustus-September, dan tinggal selama beberapa bulan. Pada bulan April, mereka baru kembali ke habitat aslinya di wilayah utara Bumi, untuk berkembang biak.