Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Keben

Gambar Keben Pohon Keben

Taksonomi

Butun atau keben (Barringtonia asiatica) adalah sejenis pohon yang tumbuh di pantai-pantai wilayah tropika, di Samudra Hindia, kawasan Malesia, hingga ke pulau-pulau di pasifik barat. Nama lainnya adalah putat laut. Buahnya terapung di air, sehingga tersebar secara luas pada banyak pulau dan pantai. Tinggi tanaman dapat mencapai 30 m. Kayunya digunakan dalam pekerjaan konstruksi dan juga untuk membuat akno.

Sumber: wikipedia.org

 

Deskripsi

Daunnya berbentuk bulat telur dengan ukuran panjang 20-40 cm dan lebar 10-20 cm.

Bunga keben atau butuh memiliki ukuran yang lumayan besar, berwarna putih kemerah-merahan, dan mengeluarkan bau manisi.

Buah keben berdiameter 9-11 cm, berbentuk kotak, dan kulit buah yang tebal juga keras. Bijinya berdiameter 4-5 cm.

Buahnya dapat bertahan lebih dari 5 tahun sebelum berkecambah. Oleh karena itu, buah keben yang jatuh ke laut dapat mengapung dan mengarungi lautan hingga menepi dengan sendirinya dan berkecambah.

Keben termasuk pohon yang tumbuh di area basah di habitat asalnya. Ia dapat tumbuh setinggi 15-20 meter dan diameter batang hingga 50 cm. Seringkali pohonnya tumbuh berdampingan dengan pohon tepi pantai lainnya seperti bakau, santigi dan waru.

Sumber: ciriciripohon.com

 

Penyebaran

Habitat tumbuhan Barringtonia asiatica merupakan kawasan litoral yang hampir ekslusif, pada beberapa daerah pohonnya dapat tumbuh jauh ke daratan pada bukit atau jurang berkapur. Biasanya tumbuh pada pantai berpasir atau koral-pasir disepanjang pantai atau rawa mangrove pada ketinggian 0–350 m di atas permukaan laut. Pohon keben ini merupakan spesies barringtonia asli mangrove yang habitatnya di pantai tropis dan pulau-pulau di Samudera Hindia, dan Samudera Pasiifik Barat dari Zanzibar ke timur Taiwan, Filipina, FIji, Kaledonia Baru, Kepulauan Solomon, Kepulauan Cook, Wallis, dan Futuna, serta Polinesia Prancis. Penyabaran di Indonesia meliputi Jawa, Bali, Sulawesi, dan Nusa Tenggara.