Sosial Media

(0652) 21019
dlhk3@bandaacehkota.go.id

Pohon Bidara

Gambar Bidara Pohon Bidara

Taksonomi

Bidara adalah spesies pohon buah tropis dari keluarga Rhamnaceae. Di internasional, pohon bidara dikenal dengan beragam nama seperti Indian Plum, Regi Pandu, Indian Jujube, Chinese Date, Chinee Apple, Jujube, dan Dunks.

Bidara memiliki nama ilmiah Ziziphus mauritiana dan ini adalah salah satu dari dua spesies Ziziphus. Yang lainnya adalah Ziziphus jujuba atau yang sering disebut Jujube Cina (Zujujuba). Bidara memiliki habitat di wilayah tropis, sedangkan Jujube Cina memiliki habitat di wilayah dingin.

Sumber: ciriciripohon.com

 

 

 

Deskripsi

Daunnya berbentuk bulat telur atau lonjong dengan ujung membulat dan 3 pembuluh darah longitudinal yang tertekan di bagian dasarnya. Panjangnya daunnya sendiri sekitar 2,5 hingga 3,2 cm dan lebar 1,8 hingga 3,8 cm yang memiliki gerigi halus di tepinya.

Warnanya daun bidara hijau tua mengkilap dan abu-abu di sisi bawah.

Bidara memiliki bunga-bunga berukuran kecil, berwarna kuning, dan biasanya berpasangan di daun axils.

Beberapa kultivar bisa memekarkan bunganya di pagi hari, sedangkan yang lain mekarnyanya di sore hari.

Di India dan Queensland, bunga bidara dinilai sebagai sumber nektar minor untuk lebah madu.

Buah bidara sangat bervariasi bentuk dan ukurannya. Panjangnya bisa oval, obovate, lonjong atau bulat, dan panjang umumnyanya 2-6 cm, tergantung varietasnya.

Daging buahnya berwarna putih dan garing. Ketika agak matang, buah bidara sedikit berair dan memiliki aroma wangi. Kulit buahnya merah halus, mengkilap, tipis dan kencang.Bijinya berbentuk oval atau oblate, keras, kasar, panjang 6mm, berwarna coklat dan berisi 2 elips.

Buah yang matang aromanya seperti apel tetapi menjadi khas musky ketika terlalu matang.

Bentuk pohon bidara semak berduri, bercabang banyak, dengan tinggi maksimal 15 meter dan diameter batang 40 cm atau lebih.

Pohon bidara mulai menghasilkan buah dalam waktu tiga tahun.

Sumber: ciriciripohon.com

 

Penyebaran

Spesies bidara ini diyakini berasal dari kawasan Indonesia dan Malaysia. Saat ini secara luas dinaturalisasi di hampir seluruh dunia beriklim tropis, mulai dari Afrika Selatan melalui Timur Tengah ke Anak benua India dan Cina, Indonesia, Malaysia, Australasia dan Kepulauan Pasifik.

Pohon bidara dapat berbentuk tegak dan menjadi invasif di beberapa daerah, termasuk Fiji dan Australia, bahkan telah menjadi gulma di Australia Utara. Bidara adalah pohon yang tumbuh cepat dengan umur sedang.

Sumber: ciriciripohon.com